Kuliah Umum & Kunjungan Kerja Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Kuliah Umum & Kunjungan Kerja Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DDTC dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menjalin kerja sama untuk pengembangan pendidikan pajak. Keduanya sepakat untuk meningkatkan saling keterhubungan antara ilmu dan praktik di bidang pajak.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan langsung oleh Managing Partner DDTC Darussalam dan Dosen Progam Studi DIII Perpajakan UMMI Ismet Ismatullah pada hari ini, Kamis (29/11/2018), bertempat di DDTC Hall, yang merupakan aula serbaguna di lantai 7 Menara DDTC, dengan kapasitas sekitar 100 orang (konsep round table). Keduanya pun memberikan sambutan untuk mengawali acara.

Secara garis besar, dalam MoU disebutkan keduanya berkomitmen menjalankan kerja sama terkait pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) atas prinsip kemitraan. Melalui kerja sama ini, DDTC akan melakukan beberapa kegiatan, pertama, program magang yang diberikan untuk minimal tiga mahasiswa dalam setahun. Kedua, rekrutmen staf di bidang konsultan riset, pelatihan, litigasi, redaksi, dan jasa-jasa lain terkait pajak selama masa perjanjian.

Ketiga, program seminar dan pelatihan bagi pengajar, mahasiswa atau masyarakat umum. Keempat, program workshop bagi dosen. Kelima, program pengembangan kurikulum perpajakan. Keenam, program penelitian. DDTC memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan data atau informasi untuk riset atau penelitian. Keduanya juga akan mengadakan program penelitian bersama (joint research) minimal sekali dalam setahun.

Penandatanganan MoU tersebut juga bersamaan dengan kuliah umum bertajuk ‘Peranan Konsultan Pajak dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam Sektor Keuangan’ dengan peserta sekitar 65 orang. Kuliah umum ini dipaparkan oleh Partner Tax Research & Training Services DDTC B. Bawono Kristiaji.

Dalam paparannya, Bawono memaparkan mengenai situasi perpajakan di Indonesia. Menurutnya masih banyak persoalan yang menyebabkan sulitnya pencapaian target penerimaan pajak. Salah satu persoalan yang sering luput dari perhatian adalah masih minimnya jumlah konsultan pajak. Saat ini rasio jumlah konsultan pajak terhadap jumlah penduduk di Indonesia berada di angka 1: 73.429.

“Untuk itu, ketersediaan ahli pajak ke depan sangat krusial untuk membangun sistem pajak yang ideal,” ujarnya di DDTC Hall, Menara DDTC, Jakarta.

Acara pun diisi dengan sharing session dari dua specialist DDTC, yakni Admar Jamal Junior dan Hessy Erlisa Frasti yang berbagi cerita mengenai pengalaman magang dan bekerja di DDTC. Mahasiswa cukup antusias untuk mendengarkan dan bertanya terkait pengalaman magang tersebut. Dalam acara ini, masing-masing mahasiswa juga menerima sertifikat atas partisipasinya dalam kunjungan pendidikan dan kuliah umum DDTC serta jamuan makan siang.

Untuk memeriahkan acara, DDTC juga memberikan doorprize 10 buku ‘Konsep dan Studi Komparasi Pajak Pertambahan Nilai’ dan voucher belanja senilai Rp500.000 kepada mahasiwa yang memberikan komentar terbaik dalam artikel DDTCNews ‘Ini Peringkat Konsultan Pajak Transfer Pricing 2019 di Indonesia’ serta postingan kesan dan pesan terbaik di akun instagram dengan me-mention @ddtcindonesia dan @ddtcnews dengan hastag #ddtc #ddtcnews #ddtchebat.

Salah satu mahasiswa yang hadir, Muhammad Dimas Kusuma, mengatakan kunjungan dan kuliah umum di DDTC ini memberikan manfaat dan wawasan yang luas mengenai prospek profesi pajak ke depan. Pengalaman mencari ilmu di luar kelas ini memberikan nuansa baru bagi mahasiwa D3 Perpajakan UMMI.

Hingga saat ini, tercatat ada 11 perguruan tinggi di Indonesia yang telah memiliki MoU pendidikan dengan DDTC. Kesebelas perguruan tinggi itu adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Petra, Institut STIAMI, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, STHI Jentera, Universitas Kristen Maranatha, dan UMMI.

Deretan MoU yang dilakukan dengan sejumlah perguruan tinggi ini menjadi wujud nyata dari komitmen DDTC untuk mengeliminasi asimetri informasi di bidang pajak, sekaligus membangun masyarakat melek pajak.

CSR Berikutnya
Silakan ajukan proposal untuk mendapatkan program CSR dari kami. Proposal yang masuk akan dinilai untuk dapat ditindaklanjuti.

Formulir Pertanyaan

[]
1 Step 1
Namayour full name
Pertanyaanmore details
0 / 300
Previous
Next

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan DDTC menggelar seminar pajak bertajuk “Tanya Jawab Tax Amnesty”.

Seminar dilaksanakan pada Kamis, 1 September 2016 bertempat di The Alana Hotel and Convention Center, tepatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM. 07, Yogyakarta. Acara dimulai pukul 09.00 pagi dan menghadirkan 2 orang narasumber yang merupakan pakar di bidang pajak, yaitu Managing Partner DDTC Darussalam dan Senior Partner DDTC Danny Septriadi.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis FEB UGM ke-61, seminar menjadi lebih menarik lantaran menghadirkan Dekan FEB UGM Prof. Wihana Kirana Jaya yang akan memberikan sambutan, serta Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Sistem Informasi FEB UGM Eko Suwardi yang bertindak sebagai keynote speaker.

Agenda yang dibahas mencakup gambaran umum tax amnesty, tanya jawab praktis seputar implementasi tax amnesty, dan simulasi pengisian formulir surat pernyataan harta untuk pengampunan pajak.

Selain itu, ada pula prosesi penandatangan MoU atau kerja sama di bidang pengembangan pendidikan antara FEB UGM dan DDTC.

CSR Berikutnya
Silakan ajukan proposal untuk mendapatkan program CSR dari kami. Proposal yang masuk akan dinilai untuk dapat ditindaklanjuti.

Formulir Pertanyaan

[]
1 Step 1
Namayour full name
Pertanyaanmore details
0 / 300
Previous
Next

CSR Sebelumnya

DDTC Sponsors FEB UI’s Tax Academicians to Attend a Conference in Tasmania

DDTC Sponsori Akademisi Pajak FEB UI Hadiri Konferensi di Tasmania

CSR - D’Generation of Tax Trisakti Goes to DDTC

D’Generation of Tax Trisakti Berkunjung ke DDTC

CSR - Public Lecture & Company Visit of Muhammadyah Sukabumi University

Kuliah Umum & Kunjungan Kerja Universitas Muhammadiyah Sukabumi

CSR - UHAMKA Company Visit 2018

Kunjungan Kerja UHAMKA 2018

CSR - Company Visit of Business Administration of Parahyangan Catholic University in 2018

Kunjungan Kerja Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan 2018

CSR - Study Excursie of Brawijaya University’s Vocational Program

Studi Excursie Program Vokasi Universitas Brawijaya

CSR - Company Visit of Faculty of Administrative Sciences, Brawijaya University to DDTC

Kunjungan Kerja Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ke DDTC

CSR - STHI Jentera Ikuti Kompetisi Peradilan Semu Nasional

STHI Jentera Ikuti Kompetisi Peradilan Semu Nasional

CSR DDTC- In Review of Digital Tax, DDTC Sponsored a University Student to Sydney

Bahas Pajak Digital, DDTC Sponsori Mahasiswi ke Sydney

CSR - DDTC’s Wholehearted Support in Learning Tax in the Land of the Kangaroo

Ini Dukungan DDTC untuk Berguru Pajak ke Negeri Kangguru

CSR - Reliving the Dream with DDTC: Presenting in The 10th CISAK in South Korea

Mewujudkan Impian bersama DDTC: Presentasi dalam The 10th CISAK di Korea Selatan

CSR - BECSR 2016 in London With DDTC

BECSR 2016 di London Bersama DDTC

CSR - Tax Amnesty Simulation and FAQ (Yogyakarta)

Gelar Simulasi dan Tanya Jawab Tax Amnesty (Yogyakarta)

CSR - Tax Amnesty Simulation and FAQ (Surabaya)

Gelar Simulasi dan Tanya Jawab Tax Amnesty (Surabaya)

CSR - Reviewing the Trend of International Tax Development

Menilik Arah Perkembangan Pajak Internasional

CSR - JENTERA General Lecture: Tax Law

Kuliah Umum JENTERA: Hukum Pajak

CSR - Airlangga University National Tax Competition (KOMPAK) 2015

Kompetisi Pajak (KOMPAK) 2015 Vokasi Universitas Airlangga

CSR - STPI: Tax World 2014

STPI: Tax World 2014

CSR - Forum For Economist International: The 4th Global Conference

Forum Ekonomi Internasional: Konferensi Global Ke-4th

CSR - PajakMania Gathering II

Kopi Darat PajakMania II

CSR - General Lecture: Taxation Outlook in 2014

Kuliah Umum: Outlook Perpajakan 2014

Kami akan mengirimkan semua informasi tentang pajak, silakan berlangganan.