Page 13 - InsideTax Edisi 21st (Capres: Menuju Tax Ratio 16 Persen)
P. 13

insideheadline


                               Gambar 1 - Kontrak Sosial antara Negara dengan Warga Negara
        Skenario 1                                            Skenario 2
                            Negara                                                   Negara


                                        Sumber daya/                                            Sumber daya/
                  Pajak                 pelayanan                           Pajak               pelayanan
                                        publik                                                  publik

                             Warga                                                    Warga
                            Negara                                                   Negara
                 Kontrak yang ideal/resiprokal                        Apa yang kita dapat, apa yang kita beri
                   Kerelaan, Kemakmuran, dan Efisiensi           Kepatuhan pajak rendah, sumber daya/pelayanan publik tidak tampak

        Skenario 3                                            Skenario 4
                            Negara                                                    Negara

                                       Sumber daya/                                              Sumber daya/
                  Pajak                pelayanan                           Pajak                 pelayanan
                                       publik                                                    publik

                             Warga                                                    Warga
                            Negara                                                    Negara
                  Negara tidak efisien/efektif                            Negara terbebani pengleluaran
                   Penyelewengan/korupsi/kebocoran                 Komitmen konstitusional/pinjaman/lemahnya penegakan hukum

                                Sumber:  Sibichen K. Mathew, Making People Pay (New Delhi: Penguin Books India Pvt.Ltd, 2013), Hlm 82-83.

             Keterangan gambar:
                -  Skenario 1: Warga negara berkontribusi secara sukarela membayar pajak kepada negara. Di sisi lain negara
                juga rela dan bermurah hati melayani dan menyediakan semua kebutuhan warga negara. Situasi ini merupakan
                suatu kontrak sempurna (ideal) karena mengedepankan hubungan timbal balik (resiprokal).
                -  Skenario 2: menggambarkan kepatuhan pajak warga negara relatif rendah (minimal) dan negara juga hanya
                memberikan pelayanan kepada publik seadanya atau tidak tampak dirasakan oleh publik.
                -  Skenario 3:  Warga  negara  telah  cukup berkontribusi kepada  negara,  namun tidak sebanding dengan
                pengalokasian sumber daya dan pelayanan publik yang negara berikan. Negara dan sistem administrasi pajak
                terindikasi melakukan kinerja yang tidak efisien, tidak efektif, dan marak melakukan korupsi.
                -  Skenario 4: Menggambarkan perilaku warga negara yang seringkali melakukan penggelapan pajak karena
                alasan sejarah, dan ekonomi-sosiologis. Sementara di sisi lain, negara telah menunjukkan komitmen terbaiknya
                dalam mengalokasikan sumber daya dan pelayanan pubik. Hal ini mencirikan  bahwa  dalam membiayai
                belanjanya negara terbebani dengan dana pinjaman.


        Siapapun yang terpilih akan memiliki  rendahnya  age dependency ratio  maupun Jokowi-JK sesungguhnya telah
        kecenderungan  untuk  mewujudkan  merupakan suatu landasan yang  memiliki ruh kemandirian serta gaya
        kepatuhan,  baik secara sukarela  baik bagi suatu lompatan dalam  kepemimpinan yang dibutuhkan untuk
        maupun      keterpaksaaan   secara  penerimaan pajak. Potensi penerimaan  perbaikan area  pajak.  Untuk platform
        berimbang.  Selain  itu,  adanya  faktor  pajak  Indonesia  sesungguhnya  masih  kebijakan pajak, justru keduanya belum
        Prabowo maupun  Jokowi berpotensi  besar dan  tax  ratio  sebesar  16%  menyertakan penyelesaian dan agenda
        untuk merubah pola hubungan negara  bukanlah suatu yang mustahil tercapai.  secara komprehensif.   IT
        dengan warga ke arah yang lebih baik  Persoalannya terletak pada  3  lapisan
        dengan karakteristik  pemimpin yang  yang sebelumnya sudah dijelaskan
        mampu menggerakkan massa untuk  baik cita-cita atas kemandirian fiskal,
        berkontribusi lewat pajak.          platform kebijakan pajak,  serta gaya
                      *****                 kepemimpinan.
           Bertambahnya  kelas  menengah,      Kembali pada  pertanyaan utama
        pertumbuhan ekonomi yang relatif    dari artikel ini, manakah yang lebih
        tinggi, kestabilan politik, serta semakin   layak? Baik pasangan Prabowo-Hatta

                                                                                           InsideTax | Edisi 21 | Juli 2014 13
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18