Page 10 - InsideTax Edisi 36th (Tren, Outlook, dan Tantangan Perpajakan 2016: Apa Kata Mereka?)
P. 10

suarapengamat


                                     Tabel 1 – Ilustrasi Indikator Kinerja Otoritas Pajak

          Fungsi Administrasi           Pengukuran Kuantitas                  Pengukuran Waktu dan Kualitas
                Pajak
                                • Jumlah WP baru                          • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan
                                • Jumlah WP yang tidak lapor per jenis pajak  pendaftaran  WP baru
         Kepatuhan                                                        • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan kasus
         pendaftaran  dan
         laporan pajak                                                    WP yang tidak lapor
                                                                          • Mengukur denda keterlambatan
                                                                          • Keakuratan pendaftaran WP
                                • Jumlah WP yang dilayani:                • Rata-rata waktu menunggu bagi WP untuk
                                  o Telepon                               mendapatkan layanan
                                  o Secara langsung (walk-in)             • Rata-rata waktu untuk merespon permintaan
                                                                          tertulis WP
         Pelayanan dan      Korespondensi Tertulis                        • Keakuratan respon yang diberikan
         penyuluhan               o  E-mail                               • Kepuasan atas kunjungan dan seminar
                                  o  Situs internet                       (melalui survei)
                                • Jumlah kunjungan WP untuk  advisori
                                • Jumlah seminar penyuluhan
                                • Jumlah SPT yang diproses per jenis pajak    • Rata-rata waktu pemrosesan SPT
                                • Jumlah restitusi yang dikeluarkan, per jenis     • Rata-rata jumlah hari untuk memberikan
                               pajak                                      restitusi
                                • Persentase SPT yang dilaporkan secara     • Tingkat kesalahan/keakuratan proses SPT
         Proses SPT dan        elektronik                                 • Tingkat kesalahan/keakuratan proses
         pembayaran             • Persentase SPT yang dilaporkan secara   pembayaran
                               manual
                                • Jumlah proses pembayaran (manual dan
                               elektronik)
                                • Total nilai dari proses pembayaran
                                • Total nilai tunggakan pajak yang dipungut    • Rata-rata usia kasus pemungutan
                                • Jumlah total kasus pemungutan yang selesai    • Persentase kasus yang diselesaikan selama
                                • Jumlah total WP yang dihubungi          X bulan
         Pemungutan             • Total sumber daya manusia (setahun) yang     • Kualitas kasus pemungutan (berdasarkan
         tunggakan pajak
                               ditugaskan                                 pengukuran skor tertentu)
                                • Rata-rata pemungutan dalam setahun


                                • Jumlah pemeriksaan yang selesai per jenis     • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan
                               pajak (dan segmentasi WP jika ada)         pemeriksaan per jenis audit
                                  o Sederhana                             • Kualitas audit (berdasarkan pengukuran skor
                                  o Komprehensif                          tertentu)
                                  o Tematik                               • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan
         Pemeriksaan dan          o Dan lain-lain                         investigasi
         investigasi            • Tambahan pajak dari pemeriksaan, per jenis
                               pajak
                                • Total sumber daya manusia (setahun) yang
                               ditugaskan
                                • Tambahan pajak per sumber daya manusia
                                • Jumlah investigasi pajak yang selesai
                                • Jumlah total kasus banding yang selesai    • Rata-rata lama kasus banding
                                • Jumlah sumber daya manusia yang         • Kualitas kasus banding (berdasarkan
         Banding               ditugaskan                                 pengukuran skor tertentu)
                                • Nilai penyesuaian pada banding          • Tingkat pemenuhan tenggat waktu secara
                                • Jumlah kasus yang diadili di pengadilan  formal

        Sumber: William Crandall, “Revenue Administration: Performance Measurement in Tax Administration”, Fiscal Affairs Departement, IMF, 2010.



       10  InsideTax | Edisi 36 | Edisi Khusus 2015-2016
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15