Page 10 - InsideTax Edisi 36th (Tren, Outlook, dan Tantangan Perpajakan 2016: Apa Kata Mereka?)
P. 10
suarapengamat
Tabel 1 – Ilustrasi Indikator Kinerja Otoritas Pajak
Fungsi Administrasi Pengukuran Kuantitas Pengukuran Waktu dan Kualitas
Pajak
• Jumlah WP baru • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan
• Jumlah WP yang tidak lapor per jenis pajak pendaftaran WP baru
Kepatuhan • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan kasus
pendaftaran dan
laporan pajak WP yang tidak lapor
• Mengukur denda keterlambatan
• Keakuratan pendaftaran WP
• Jumlah WP yang dilayani: • Rata-rata waktu menunggu bagi WP untuk
o Telepon mendapatkan layanan
o Secara langsung (walk-in) • Rata-rata waktu untuk merespon permintaan
tertulis WP
Pelayanan dan Korespondensi Tertulis • Keakuratan respon yang diberikan
penyuluhan o E-mail • Kepuasan atas kunjungan dan seminar
o Situs internet (melalui survei)
• Jumlah kunjungan WP untuk advisori
• Jumlah seminar penyuluhan
• Jumlah SPT yang diproses per jenis pajak • Rata-rata waktu pemrosesan SPT
• Jumlah restitusi yang dikeluarkan, per jenis • Rata-rata jumlah hari untuk memberikan
pajak restitusi
• Persentase SPT yang dilaporkan secara • Tingkat kesalahan/keakuratan proses SPT
Proses SPT dan elektronik • Tingkat kesalahan/keakuratan proses
pembayaran • Persentase SPT yang dilaporkan secara pembayaran
manual
• Jumlah proses pembayaran (manual dan
elektronik)
• Total nilai dari proses pembayaran
• Total nilai tunggakan pajak yang dipungut • Rata-rata usia kasus pemungutan
• Jumlah total kasus pemungutan yang selesai • Persentase kasus yang diselesaikan selama
• Jumlah total WP yang dihubungi X bulan
Pemungutan • Total sumber daya manusia (setahun) yang • Kualitas kasus pemungutan (berdasarkan
tunggakan pajak
ditugaskan pengukuran skor tertentu)
• Rata-rata pemungutan dalam setahun
• Jumlah pemeriksaan yang selesai per jenis • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan
pajak (dan segmentasi WP jika ada) pemeriksaan per jenis audit
o Sederhana • Kualitas audit (berdasarkan pengukuran skor
o Komprehensif tertentu)
o Tematik • Rata-rata waktu untuk menyelesaikan
Pemeriksaan dan o Dan lain-lain investigasi
investigasi • Tambahan pajak dari pemeriksaan, per jenis
pajak
• Total sumber daya manusia (setahun) yang
ditugaskan
• Tambahan pajak per sumber daya manusia
• Jumlah investigasi pajak yang selesai
• Jumlah total kasus banding yang selesai • Rata-rata lama kasus banding
• Jumlah sumber daya manusia yang • Kualitas kasus banding (berdasarkan
Banding ditugaskan pengukuran skor tertentu)
• Nilai penyesuaian pada banding • Tingkat pemenuhan tenggat waktu secara
• Jumlah kasus yang diadili di pengadilan formal
Sumber: William Crandall, “Revenue Administration: Performance Measurement in Tax Administration”, Fiscal Affairs Departement, IMF, 2010.
10 InsideTax | Edisi 36 | Edisi Khusus 2015-2016