Page 17 - InsideTax Edisi 25th (Mengenal E-Commerce dan Pajaknya)
P. 17

insideprofile














































                                            Sekilas tentang E-Commerce          setiap orang menjadi semakin mudah
        Tanggal 12 November lalu, tim          Saat ditanyakan mengenai apa     untuk mengakses data  dan informasi
        redaksi InsideTax bertamu ke  Central   itu  e-commerce,  Frans menerangkan   serta dapat saling berhubungan satu
        Tranformation  Office  (CTO)  yang   secara singkat bahwa  e-commerce   sama lain, maka sejak itulah mulai
        berada dalam area komplek kantor    dapat  diartikan sebagai  mekanisme   berkembang iklan-iklan sampai dengan
        Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di   transaksi jual beli atau perdagangan   transaksi jual-beli online melalui situs-
        Jakarta. Kedatangan kami ke sana tak   dengan  menggunakan     fasilitas  situs seperti yang sedang berkembang
        lain  adalah  untuk berbincang  dengan   elektronik  (internet)  sebagai media   saat ini.
        Bapak Nufransa Wira Sakti, selaku   komunikasinya. Menurutnya, transaksi   Pada awal tahun 2010, masyarakat
        Chief  Change  Management Officer   yang dilakukan  melalui  e-mail sudah  masih  mengakses internet melalui
        I  di  Sekretariat Jenderal CTO.  Pria   dapat dikatakan sebagai e-commerce.  Personal Computer (PC) dengan akses
        yang  akrab  dengan  panggilan  Frans   Seperti halnya dengan aplikasi-aplikasi  yang masih terbatas. Namun saat ini,
        ini, sebelumnya menjabat sebagai    berbayar yang  diunduh melalui  media  internet  bahkan bisa diakses melalui
        Kepala Sub Direktorat  Manajemen    internet, dapat  pula  disebut sebagai  ponsel pribadi seperti  smartphone
        Transformasi, Direktorat Transformasi   e-commerce.                     (ponsel pintar).  Menurutnya,  saat
        Proses Bisnis, Direktorat Jenderal                                      ini penetrasi internet  lebih banyak
        (Ditjen) Pajak.                        Perkembangan e-commerce sendiri   diserap melalui ponsel pintar. Bahkan,
                                            memang dinilai sangat cepat. Frans
           Frans   juga   pernah   menulis                                      pengguna internet di Indonesia pada
        buku berjudul “Buku Pintar Pajak    menjelaskan,  di  awal  tahun  2000,   tahun 2015 diperkirakan  mencapai
                                            perusahaan-perusahaan besar telah
        E-Commerce, Dari Mendaftar Sampai   mulai menggunakan  Electronic Data   136 juta orang yang sebagian besarnya
        Membayar” yang telah terbit di tahun   Interchange (EDI) untuk  kepentingan   diakses melalui ponsel pintarnya.
        2014 ini. Dalam kesempatan yang     bisnisnya.  Dengan   adanya   EDI,    “Perkembangan    internet  yang
        berharga tersebut, tim redaksi meminta   perusahaan  yang  sering menjalin  begitu cepat  tersebut merupakan
        Frans untuk memberikan pandangannya   transaksi jual beli dapat bertukar data  suatu hal yang baik karena masyarakat
        seputar   perkembangan    transaksi  melalui sarana jaringan komunikasi  di  tempat  terpencil  pun  akhirnya
        e-commerce  (electronic commerce)   yang belum menggunakan sarana  bisa  terhubung  dengan  masyarakat
        dan isu pajaknya di Indonesia.
                                            internet.                           di  tempat  lain,  bahkan  sampai  pada
                                                                                masyarakat di luar negeri,” jelas Frans
                                               Setelah  kemunculan    internet,
                                                                                kepada redaksi.
                                                                                      InsideTax | Edisi 25 | November 2014 17
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22