Page 29 - InsideTax Edisi 35th (Ikanku Hilang Pajakku Melayang)
P. 29

insideopinion


                                                                                ekonomi.  Hal  ini tidak jauh  berbeda
             Gambar 7 - Saat berlakunya UU KUP Tahun 2007 Berdasarkan PMK-      dengan apa yang ada di Belgia.  Hingga
                                                                                                         32
                       229 Tahun 2014 juncto PMK-111 Tahun 2014                 saat  ini,  hanya  segelintir perguruan
                                                                                tinggi yang ‘berani’ membuka program
                                    “Kuasa”                                     studi khusus  perpajakan,  misal  di
                       untuk menjalankan hak dan kewajiban                      Universitas  Indonesia,  Universitas
                             perpajakan perpajakan                              Brawijaya,  STAN, STIAMI, dan STPI.
                                                                                  Dengan      semakin    cepatnya
                                                                                perkembangan perpajakan di Indonesia
                                                                                seperti penulis kemukan di bagian 2 dan
                      “Jalur 1”                                                 semakin tingginya lalu  lintas  barang,
             “Brevet atau Ijazah Formal”                “Jalur 2”               orang,  modal,  dan  jasa  antar  negara;
           a.  Sertifikat  brevet  pajak  yang   “Ijin Praktek Konsultan        maka,  apabila  perguruan tinggi  yang
              diterbitkan  oleh  lembaga                 Pajak”                 mempunyai program studi perpajakan
              pendidikan kursus brevet            yang diterbitkan oleh         tidak mereformasi diri mengembangkan
              pajak;                                                            kurikulumnya  pasti tidak akan dapat
                                                      Dirjen Pajak              menjawab  perkembangan  yang  terjadi
           b.  Ijazah  penidikan   formal                                       tersebut. Tuntutan mahasiswa program
              di bidang pajak di bidang                                         studi perpajakan tentunya juga akan
              Perpajakan,       sekurang-                                       berubah sejalan dengan perkembangan
              kurangnya    D   III  yang                                        pajak. Tuntutan mereka tidak lagi hanya
              diterbitkan oleh perguruan      “Jalur 2A”                   “Jalur 2B”                   sekedar tahu  “apa”  dan “bagaimana”
              tinggi negeri atau swasta       “Sertifikasi     “Pensiunan       mekanisme hukum pajak  domestik
              dengan status terakreditasi     Konsultan       Pegawai Dit-      Indonesia  bekerja untuk  memajaki
              A;                                Pajak”         jen Pajak”       para  Wajib  Pajak,  tetapi mereka juga
           c.  Sertifikat  konsultan  pajak   melalui ujian      dengan         ingin tahu hal-hal seperti bagaimana
                                                                                desain sistem perpajakan, konstitusi
              yang diterbitkan oleh Panitia   yang diseleng-  penyetaraan       dan hukum yang mengatur pengenaan
              Penyelenggara     Sertifikasi   garakan oleh     oleh Panitia     pajak terhadap rakyatnya, aspek pajak
              Konsultan Pajak.              Panitia Penye-    Penyelengga-      internasional, kerangka  tax planning,
                                               lenggara       ra Sertifikasi    hingga bagaimana kaitan pajak dengan
                                            Sertifikasi Kon-   Konsultan        lingkungan hidup. 33
                                             sultan Pajak.    Pajak & telah       Dengan mengkombinasikan antara
                                             (bagi lulusan    2 tahun sejak     ketentuan pajak domestik dan jawaban
                                            pajak perguru-    berhenti/pen-     atas pertanyaan-pertanyaan tersebut
                                            an tinggi yang        siun          di atas,  diharapkan program studi
                                              ditetapkan                        perpajakan mempunyai nilai lebih yang
                                             oleh Panitia                       tidak didapatkan di program lain apalagi
                                            bisa langsung                       di kursus Brevet Pajak. Jadi, tidak ada
                                                                                lagi  keraguan  dari calon mahasiswa
                                             dapat Serti-                       apakah  akan masuk fakultas ekonomi
                                             fikat Tingkat                      jurusan  akuntansi  dengan mengambil
                                                  A)                            kursus brevet pajak,  atau langsung
                                                                                mengambil program studi perpajakan.

                                                                                B.  Pemahaman    Pajak     melalui
        dari ahli pajak  yang  dihasilkan  oleh  formal  dan  migrasi  calon  ahli  pajak   Pendekatan Baru
        perguruan tinggi.                   ke  pendidikan non-formal tidak dapat
           Persaingan  di   antara  kedua   dihindarkan.                        a.  Pajak sebagai Multi Disiplin Ilmu
        jenis pendidikan tersebut  sebaiknya                                         Telaah  mengenai pajak  perlu
        dimenangkan oleh perguruan  tinggi.   Re-desain Kurikulum                 menyertakan pendekatan disiplin
        Kata kuncinya terletak pada perbaikan  Pendidikan Pajak di Perguruan      ilmu lainnya. Oleh McCrudden, hal
        kurikulum dan hal-hal lain yang dapat   Tinggi?                           ini disebut sebagai ‘a pluralism
        menciptakan  daya saing perguruan                                         of   methodological   approach’.
        tinggi.  Jika tidak, permintaan akan  A.  Gambaran Umum
        lembaga pendidikan pajak justru akan   Di Indonesia, pada umumnya ilmu   32. Jacques Malherbe,  “Belgium – European Tax
        menghasilkan menjamurnya lembaga-   pajak diajarkan lewat kurikulum yang   Education”, European Taxation (Maret 1999): 119.
        lembaga   pendidikan  pajak   non-                                      33. Lihat Anuschka Bakker, Tax and the Environment:
                                            ada di fakultas hukum atau fakultas   A World of Possibilities, (Amsterdam: IBFD Publication,
                                                                                2009).
                                                                                       InsideTax | Edisi 35 | Oktober 2015 29
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34