Page 10 - InsideTax Edisi 19th (Platform Pajak Di Tahun Politik 2014)
P. 10

insideheadline











































        berada di balik kebijakan pajak.  organisasi politik.  Selain itu,  hampir  kebijakan  pajak  menjadi  sarana
                                                           22
        Kepentingan Wajib Pajak berhubungan  di seluruh negara, kalangan pengusaha  untuk  memfasilitasi kepentingan dari
        dengan kepentingan untuk mengurangi  juga identik dengan Wajib Pajak besar,  pelaku ekonomi tertentu,  yang pada
                                                                                                     25
        atau  memperkecil beban  pajak  yang  yang pada umumnya membayar pajak  akhirnya kebijakan tersebut memuat
        harus  dibayarnya.  Wajib  Pajak  akan  lebih besar.  Kedekatan antara negara  klausul-klausul yang berisi kepentingan
                                                      23
        melakukan pendekatan,  baik secara  (elite politik) dan kalangan pengusaha  kelompok mereka sendiri. Pada saat
        individu maupun secara berkelompok,  (elite ekonomi) sulit untuk dihindarkan.  perubahan kebijakan pajak, kalangan
        untuk melobi pihak lainnya  agar  Sebagai  contoh,  peran pemain migas  pengusaha pada umumnya terlibat
        dapat mengurangi beban pajaknya.   di Rusia  yang  memengaruhi jalannya  dalam  kegiatan  politik yang  disengaja
                                        21
        Suara Wajib  Pajak  ini pada  dasarnya  reformasi pajak di Rusia. Negosiasi  dalam  rangka  melindungi kepentingan
        tersalurkan melalui beberapa aktor atau  antara  pihak tersebut  sama-sama  mereka. 26
        pemangku kepentingan lainnya, mulai  memberikan  keuntungan  dan justru   Sebagai contoh, pada tahun 2011
        dari organisasi profesi, akademisi,  cenderung melembaga. 24            Sri Lanka menerapkan ketentuan untuk
        kalangan pengusaha, lembaga swadaya    Secara     rasional   ekonomi,   memberikan tax holiday selama 6 tahun
        masyarakat, media massa, donor dan                                      kepada perusahaan yang melakukan
        lembaga multilateral.                                                   investasi baru minimal senilai 300
                                            22 Mick Moore, “The Changing Politics of Tax
           Di   banyak   negara,  kalangan   Policy Reforming in Developing Countries,”  The  juta Rupee di beberapa sektor. Pada
        pengusaha memainkan peran penting.   World Bank: PREM Notes No. 2 (2013),2-3.  kenyataannya perusahaan justru bisa
        Kepentingan   kalangan  pengusaha   23 Menarik untuk mencermati artikel Richard   mendapatkan  tax holiday hingga 12
        dapat disuarakan melalui beberapa   Woff di The Guardian, “(R)educed taxes on the   tahun jika melakukan investasi dengan
                                            rich leave them with more money to influence
        sarana, misalkan melalui asosiasi yang   politicians  and  politics.  Their  influence  wins
        terorganisasi, perusahaan tunggal, dan   them further tax reductions, which gives
        kelompok investor. Peran kalangan   them still more money to put to political use   25  Javier Alvaredo  et  al,  “Measuring  The
        pengusaha  dalam  kebijakan  pajak   ...” Lihat Richard Woff, “How  the rich soaked   Political Economy of Taxation: A Methodologi and
                                                                                Evidence from Argentina,”  IDB Working Paper
                                            the rest of  us,”  The Guardian,  (Maret, 2011).
        tidak dapat  dianggap  remeh,  karena   Dapat diakses pada  http://www.theguardian.  Series No. 433 (2013): 2.
        pada umumnya mereka memiliki celah   com/commentisfree/cifamerica/2011/mar/01/us-  26 T. Fairfield, “Business Power and Tax Reform:
        untuk  mengajukan usulan tertulis   taxation-public-finance             Taxing Income and Profits in Chile and Argentine,”
        tentang kebijakan pajak dalam ruang   24  Stephen  Fortescue,  “Business-State  Latin American Politics and Society, 52 (2): 37
                                                                                – 69, seperti dikutip dalam Saulo Santos De
                                            Negotiations and the Reform of Tax Procedures
        publik yang  telah  disediakan oleh   in Post-Yukos Russia,”  dalam  Tax  Law and   Souza,  “The  Political Economy of  Tax  Reform
                                            Political Institutions, ed. Miranda Stewart, Law   in Latin America:  A Critical  Review,” Woodrow
                                            in Context Volume 24 No. 2 (New South Wales:   Wilson Center Update on the Americas, Februari
        21 Ibid.                            The Federation Press, 2006), 36 – 59.  2013: 6.
       10  InsideTax|Edisi 19|Tahun 2014
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15