Page 9 - InsideTax Edisi 29th (Gonjang-ganjing PBB)
P. 9

insideheadline


           be  at the  heart of the matter:    tidak tersedia di daerah-daerah kecil   dengan tujuan dapat memperoleh
           urban  land  prices are frequently   atau untuk  kelas properti lainnya.   keuntungan  dari kenaikan harga
           so high that low-income  groups     Misalnya juga, data harga pasar    pasar  tanah  di  masa  yang  akan
           cannot  afford  to purchase  land,   properti yang tersedia hanyalah data   datang.  Perilaku spekulatif seperti
           given  their  disposable  incomes   harga  pasar properti yang dimiliki   ini bisa saja mengguncang harga
           and  the prevailing  capital  market   oleh masyarakat berpenghasilan   tanah. Upaya untuk mengendalikan
           conditions,  which  prevent  access   tinggi. Namun, mungkin juga data   perilaku spekulatif di pasar properti
           to mortgages credits as affordable   harga pasar properti tersedia tetapi   pernah  coba  dilakukan  oleh
           interest rates.  To the extent that   data tersebut  adalah data pasar   pemerintah daerah  di beberapa
           the  revenue  from property  taxes   properti informal karena tanah atau   negara.  Pada  tahun  1974,
           is  capitalized  into lower current   bangunan yang dijual tidak terdaftar   pemerintah  provinsi  Ontario,
           land values (since tax reduces the   atau transaksi atas tanah dan     Kanada,   melakukan   tambahan
           expected  future  private  yield  on   bangunan tersebut tidak terdaftar   pemungutan pajak atas pengalihan
           the  land),  it  partially  expropriates   (informal property).        properti  berupa  land  speculation
           landownership  rights from the         Penggunaan harga pasar sebagai   tax.  Meskipun tergolong pajak
                                                                                      19
           present owner and  constitutes a    basis perhitungan PBB sangat       atas properti, namun objek pajak
           loan  to future  owners,  who can   tergantung  pada    ketersediaan   dari land speculation tax ini adalah
           now acquire the land at the lower   data harga pasar yang diperoleh    keuntungan dari peralihan hak
           price but will have to pay property   dari pasar properti yang aktif dan   atas  tanah  yang  dipungut hanya
           taxes  in  the  future.  If  low-income   formal. Oleh karena itu, keputusan   sekali saat peralihan hak; tidak
           groups  cannot  buy  land  because   untuk menggunakan harga  pasar    jauh  berbeda dengan  penerapan
           they  lack  liquidity  and  access   atau basis penilaian lainnya dalam   Pajak Penghasilan atas pengalihan
           to  capital  markets,  property     mendesain sistem pemungutan PBB    hak atas tanah dan/atau bangunan
           taxation  may be  one  of the  policy   bergantung pada  apakah  terdapat   di Indonesia. Tujuan dari  land
           instruments to improve their access   pasar  real  estate yang aktif di   speculation  tax adalah  untuk
           to landownership.”                  suatu daerah. Hal ini juga berarti   menahan  laju  kenaikan  harga

        2. PBB, Pasar Properti, dan Aktivitas   bahwa tidak tertutup kemungkinan   tanah dan/atau bangunan dan juga
                                                                                  untuk mengejar windfall gains yang
        Spekulasi                              pemerintah menggunakan basis       diperoleh  spekulan dari spekulasi
                                               penilaian lainnya selain harga pasar
              Di banyak negara, pajak properti   sebagai  basis  perhitungan PBB,   harga tanah dan bangunan.
           dikenakan berdasarkan harga pasar   misalnya karena tidak tersedianya     Pajak   properti  juga  dapat
           tanah dan bangunan yang berdiri     data harga  pasar atau tidak aktif   digunakan sebagai instrumen untuk
           di  atas  tanah  tersebut. Secara   dan informalnya pasar real estate di   mengejar spekulan sekaligus untuk
           sederhana, harga  pasar dapat       suatu daerah, sehingga pemerintah   mengubah perilaku investasi atas
           didefinisikan sebagai  harga  yang   menetapkan nilai tanah berdasarkan   pengembangan lahan seperti yang
           disepakati oleh pembeli dan penjual   area-based.                      dilakukan di beberapa negara.
                                                                                                               20
           di mana penjual dan pembeli tidak                                      Seperti di Cili, atas lahan yang
           berada dalam tekanan. Dengan           Pada  dasarnya,  dampak dari    tidak digunakan (lahan  kosong/
           menggunakan harga  pasar  sebagai   kenaikan harga  properti  dan  PBB   vacant  land),  pemerintah  Cili
           basis perhitungan  PBB, maka        lebih berhubungan dengan keadilan   mengenakan  tambahan  pungutan
           dapat  diasumsikan bahwa  pasar     pembebanan pajak dibandingkan      sebesar 100% dari jumlah PBB
                                                              18
           real  estate di negara  tersebut    dengan efisiensi.  Pertama, PBB    yang  terutang. Sementara di Porto
           telah  terbentuk sehingga  dapat    dianggap  tidak adil  dikenakan    Alegre, Brazil, pemerintah kota
           menyuplai data harga  pasar.  Data   atas kenaikan nilai properti karena   mengidentifikasi 120 lahan kosong,
           harga  pasar  dapat  diperoleh  dan   manfaat dari kenaikan nilai tersebut   dan dari fakta tersebut pemerintah
           didukung oleh appraisers (penilai),   tidak diterima secara riil oleh subjek   kota menerbitkan peraturan daerah
           agen  perumahan,  broker properti,   pajak. Kedua, kenaikan harga      yang mensyaratkan pemilik lahan
           dan pihak lainnya sehingga  data    tanah menyebabkan masyarakat       untuk    mengembangkan     atau
           harga pasar dapat dianggap cukup    berpenghasilan  rendah    tidak    menggunakan lahan  kosongnya
           untuk dipergunakan sebagai  basis   memperoleh akses ke pasar properti.   agar tidak  terkena tarif progresif
           penghitungan PBB. Selain itu,          Isu lain  yang  mungkin timbul   PBB. Dengan kata lain, pemerintah
           ketersediaan data harga pasar atas   dari  pemungutan   PBB    dan     daerah    dapat    menggunakan
           berbagai kelas properti di berbagai   pasar  properti  adalah  perilaku   instrumen  tarif progresif PBB
           lokasi merupakan bagian utama       spekulatif.  Spekulasi   dalam     sebagai upaya untuk meningkatkan
           dalam menetapkan harga pasar        konteks  pasar properti mengacu    produktivitas ekonomi di daerahnya
           sebagai basis perhitungan PBB.      pada   pihak-pihak  yang  tidak    dan juga memberikan  disinsentif
              Namun mungkin  saja data         bertujuan untuk  mengembangkan     kepada  pemilik  lahan  yang  tidak
           harga pasar tidak  tersedia karena   atau menggunakan suatu lahan      digunakan.
           belum memadainya pasar properti     tetapi membeli lahan tersebut
           di suatu daerah, atau mungkin juga   untuk investasi jangka  pendek   19. Enid Slack, “Property Tax Reform in Canada”, dalam
           disebabkan data harga pasar hanya                                    Richard  M.  Bird dan  Enid  Slack (eds),  International
           tersedia di daerah metropolitan atau   18. Roy W. Bahl dan Johannes Linn,  Urban Public   Handbook of Land and Property Taxation, (Cheltenham:
           untuk kelas properti tertentu, tetapi   Finance  in Developing  Countries, (New York: Oxford   Edward Elgar Publishing, 2004), 78-79.
                                            University Press, 1992), 167.       20. Lawrence Walters, OpCit.,97.

                                                                                         InsideTax | Edisi 29 | Maret 2015 9 9
                                                                                         InsideTax | Edisi 29 | Maret 2015
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14