Page 73 - InsideTax Edisi 38th (Aksi BEPS: Menangkal Penggerusan Basis Pajak)
P. 73

insidereview


           Beberapa   isu  terkait  dengan         Tabel 1 - Perbandingan Struktur Chapter V OECD TP Guidelines
        implementasi  pendekatan  TP  Doc
        yang direkomendasikan  oleh OECD,          OECD TP Guidelines - 2010            BEPS Action 13-2015
        terutama CbCR, menjadi salah satu topik   A. Introduction              A. Introduction
        pembahasan yang ramai dibicarakan    B. Guidance on documentation rules and   B. Objectives of TP Doc requirements
        sejak pendekatan ini diperkenalkan pada   procedures
                                 9
        September 2014 yang  lalu.   Sebagai   C. Useful information for determining   C. A Three-Tiered Approach to TP Doc
        salah  satu prinsip utama dan tujuan   transfer pricing
        OECD  dalam  merumuskan rencana
        aksinya,  isu  transparansi  menjadi  D. Summary of recommendations on   D. Compliance issues
                                             documentation
        salah satu isu yang sering dikaitkan
        dengan  rencana  implementasi  CbCR.                                   E. Implementation
        Transparansi yang  dimaksud dalam  hal                                 Annex I to Chapter V. TP Doc – Master File
        ini menurut OECD adalah  upaya untuk                                   Annex II to Chapter V. TP Doc – Local File
        menyediakan informasi dengan  cara                                     Annex III to Chapter V. TP Doc – Country-
        yang lebih efisien bagi pihak otoritas                                 by-Country Report
        dalam  upayanya  untuk mendeteksi dan                                  Annex IV to Chapter V. Country-by-Country
        mencegah  praktik  profit shifting, dan                                Reporting Implementation Package
        bukan diartikan bahwa informasi di
        dalamnya akan menjadi konsumsi publik,   Sumber: Diolah oleh penulis.
        termasuk  media dan dijadikan bahan
        kajian bagi para akademisi. 10         Meskipun  OECD mendukung  adanya  OECD terkait  dengan isu ini. Dalam
                                            sanksi, namun OECD menekankan  bagian ini, akan dapat dilihat bagaimana
           Sementara itu, banyak kalangan yang   pertimbangan khusus harus diberikan  ketentuan ini diadopsi di mana mayoritas
        berpendapat bahwa  informasi  dalam   apabila  WP  tidak  dapat  memberikan  ketentuan  di negara-negara tersebut
        CbCR harus tersedia bagi publik ,   informasi yang  memang  tidak dimiliki  mengikuti  rekomendasi OECD yang
                                        11
        dengan demikian  hal tersebut akan   oleh WP atau WP tidak mempunyai akses  dituangkan dalam BEPS Action 13.
        mengembalikan   kepercayaan  publik  untuk memperoleh  informasi tersebut. 13
        terhadap rezim perpajakan internasional   Sampai saat ini sudah banyak negara yang  A.  Australia
        yang ada saat ini. Namun sekali lagi OECD   mengenakan sanksi bagi WP yang tidak   Jauh  sebelum OECD mengeluarkan
        menegaskan bahwa informasi tersebut   dapat memenuhi ketentuan  TP Doc di   rencana aksi ke-13, yaitu sejak tahun
        tidak akan  dijadikan konsumsi publik   negaranya. Adapun tujuan dikenakannya   2013 atau lebih  tepatnya pada  26
        dan OECD juga menyarankan otoritas   sanksi tersebut adalah untuk memberikan   November 2013,  Australian  Taxation
        pajak untuk  menjamin kerahasiaan   insentif kepada  WP  yang  patuh  dan   Office  (ATO)  mengeluarkan ketentuan
        dan menyediakan kerangka legal untuk   dirancang untuk memberikan perlakuan   yang dinamakan International Structuring
        melindungi informasi WP. 12         yang berbeda bagi WP yang  patuh dan   and  Profit Shifting (ISAPS) Initiative
           Perubahan lainnya dalam revisi  tidak patuh.                         yang ditujukan kepada 86 WP. 14
        Chapter  V   OECD   TP   Guidelines
        mengenai  TP  Doc  dan  merupakan  Implementasi dan Komparasi             Ketentuan tersebut memuat ketentuan
        salah  satu hal yang tidak dijelaskan   dari Berbagai Negara            pengungkapan   informasi   dengan
                                                                                menggunakan format serupa dengan
        di dalam versi sebelumnya, yaitu       Sejak  dikeluarkannya versi final  format dalam CbCR.  Adapun informasi
        masalah sanksi administrasi  bagi WP   pada  Oktober 2015 yang  didahului  ini digunakan oleh ATO untuk melakukan
        dalam pemenuhan ketentuan TP Doc di   dengan diluncurkannya  “Action 13:  risk assessment dan untuk meningkatkan
        negaranya. Dalam hal ini, sanksi tersebut   2014 Deliverables, Guidance on TP Doc  pemahaman mereka atas seluk-beluk
        akan dikenakan apabila WP tidak dapat   and CbCR”, dapat dilihat respons  dari  aspek operasional WP.
        memberikan informasi yang  dibutuhkan   berbagai  negara  dan  langkah-langkah
        atau keterlambatan penyampaian atas   yang akan ditempuh terkait dengan salah   Dalam ringkasan “Budget 2015/16”,
        dokumentasi  yang dimaksud  kepada   satu rencana aksi ini.  Secara umum,   pemerintah Australia mengumumkan
        pihak otoritas.                                                         akan mengimplementasikan CbCR  dan
                                            banyak negara-negara di dunia ini yang   kewajiban bagi WP untuk mempersiapkan
                                            menyambut baik adanya rencana aksi ini   master file dan local file setiap tahunnya. 15
        9.  Lihat   OECD,  “Guidance on Transfer Pricing   dan menaruh ekspektasi tinggi terhadap
        Documentation  and Country-by-Country Reporting,”   efektifitas penerapannya.
        OECD/G20 Base  Erosion  and  Profit  Shifting  Project
        (Paris: OECD Publishing, 2014).        Berikut  adalah  ringkasan  dari  14. Lihat AU: ATO, “Base Erosion and Profit
                                                                                Shifting Presentation  by Deputy  Commissioner  Mark
        10. Yariv Brauner, ”Transfer Pricing in BEPS: First                     Konza,”  (26 Nov.  2013). Dapat diakses di https://
        Round-Business Interests Win (Bu, Not in Knock-Out),”   perkembangan terkini di berbagai negara,   www.ato.gov.au/media-centre/speeches/other/
        Intertax, (2015): 79.               baik negara-negara  anggota  OECD  dan   base-erosion-and-profit-shifting/.
        11. Yariv Brauner, ”BEPS: An Interim Evaluation,” World   yang bukan merupakan negara anggota   15.  Lihat  AU:  ATO,  “Country-by-Country  Reporting
        Tax Journal, (2014): 35.                                                and Transfer Pricing Documentation,” dapat diakses di
        12. OECD,  Transfer Pricing Documentation and                           https://www.ato.gov.au/business/international-tax-for-
        Country-by-Country Reporting, Action 13: 2015 Final                     business/in-detail/transfer-pricing/country-by-country-
        Report, Op.Cit. (2015), Paragraf 57.  13. Ibid., Paragraf 42.           reporting-and-transfer-pricing-documentation/

                                                                                           InsideTax | Edisi 38 | Mei 2016 73
   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78