Page 19 - InsideTax Edisi 38th (Aksi BEPS: Menangkal Penggerusan Basis Pajak)
P. 19
insidereview
Gambar 2 - Visi Internet of Things Online advertising menggunakan
internet sebagai medium untuk target
dalam menyampaikan pesan dari iklan
kepada audiens (customers). Berbeda
Internet of Things
Trillion nodes dengan traditional advertising, online
Building automation Smart metering advertising memberikan lebih banyak
manfaat. Contohnya, adanya fitur
Fringe Internet layanan informasi dan hasil analisis
Billion nodes online advertising dalam melakukan
segmentasi customers.
Pada umumnya, bisnis online
Core Internet Industrial advertising dijalankan dengan model
Phones
Billion nodes automation display ads di mana pemasang iklan
membayar untuk menampilkan
iklan yang tersambung ke suatu
konten tertentu. Model bisnis online
advertising juga sering dijalankan
melalui beriklan di search engine, di
Personal sensors Logistic mana pengiklan membayar untuk dapat
tampil dalam pencarian di internet.
Beberapa pemain dalam industri
online advertising antara lain: (i) web
Transportation publishers yang mengintegrasikan iklan
ke dalam bentuk online; (ii) advertisers
Sumber: Zach Shelby dan Carsten Bormann, 6LoWPAN: The Wireless Embedded Internet (Inggris: John Wiley & Sons, 2009): 4. yang memproduksi materi iklan yang
akan ditampilkan secara online;
IoT terus berkembang dan produksi, distribusi, penjualan, dan dan (iii) perusahaan intermediaries
penggunaannya secara kolektif pengiriman barang dan jasa di sebuah yang mencakup search engines,
bertujuan untuk menciptakan sebuah pasar terbuka. E-commerce adalah perusahaan-perusahaan media, dan
6
masa depan yang serba pintar (“smart tulang punggung dari ekonomi digital. vendor teknologi. Jejaring internet
7
everything”). 5 IoT memberikan Dalam bisnis e-commerce, tiga model ini juga didukung pertukaran dan
kesempatan bagi siapa pun dan di yang sering digunakan adalah: (i) pengumpulan data. Data ini dianalisis,
mana pun untuk mengumpulkan dan business-to-business models (B2B); dikombinasikan, dan diproses sehingga
menganalisis informasi dari hampir (ii) business to consumer models menghasilkan profil pelanggan online.
segala hal. IoT akan lebih mendekatkan (B2C); dan (iii) consumer to consumer Profil penggunaan online mencakup
masyarakat, proses, data, dan things models (C2C). Dalam B2B, transaksi aktivitas online advertising, misalnya,
dengan membangun jaringan yang dilakukan untuk aktivitas bisnis seperti informasi tentang jumlah klik (clicks),
lebih berharga, memiliki kapabilitas outsourcing support function untuk lini demografi pelanggan dan lain
baru, kaya akan pengalaman, dan bisnis online trading. Sedangkan B2C sebagainya.
penuh dengan special opportunities merupakan model bisnis yang paling Keragaman model bisnis dalam
untuk bisnis, individu, dan negara. umum digunakan di mana transaksi era ekonomi digital saat ini dapat
Lihat visi IoT pada Gambar 2. dilakukan secara digital sehingga dapat digambarkan dari bagaimana suatu
Untuk melihat perkembangan IoT memotong supply chain yang panjang perusahaan menghasilkan pendapatan
lebih jauh dan adopsinya oleh sektor dari rantai bisnis tradisional. Sementara (Lihat Tabel 1). Dari beragamnya model
ekonomi, penulis mengulas secara dalam C2C, intermediaries berperan bisnis ini, muncul berbagai karakteristik
singkat dua model bisnis yang popular untuk memfasilitasi portal tempat dari ekonomi digital sehingga sangat
dari berbagai model bisnis dalam penjual dan pembeli untuk melakukan memungkinkan relevan dari perspektif
spektrum ekonomi digital yang luas dan transaksi atau saling berbagi (sharing pajak.
8
inovatif, yaitu electronic commerce economy).
(e-commerce) dan internet/online Tantangan Pemajakan di Era
advertising. 6. Ärthur Cockfield et. al, Taxing Global Digital
Commerce (Belanda: Kluwer Law International, 2013), Ekonomi Digital
E-commerce dapat diartikan 11-12. Isu pemajakan pada ekonomi
sebagai penggunaan internet yang 7. Aleksandra Bal dan Carlos Gutierrez, “Taxation of the digital bukanlah isu yang baru.
Digital Economy,” dalam International Tax Structures in
memfasilitasi transaksi yang melibatkan the BEPS Era: An Analysis of Anti-Abuse Measures, ed. Pada pertengahan tahun 1990-an,
Madalina Cotrut (Amsterdam: IBFD, 2015), 254.
8. Berkat kemajuan teknologi, sharing economy
5. OECD, Measuring the Digital Economy: telah meringankan biaya transaksi, meningkatkan
A New Perspective (Paris: OECD Publishing, ketersediaan informasi, dan meningkatkan keamanan, bisnis yang berbeda-beda, yang mampu menyediakan
2014), 26. Dapat diakses di http://dx.doi. serta lebih dapat diandalkan. Belakangan ini telah barang dan jasa seperti mobil, tempat tinggal (singgah),
org/10.1787/9789264221796-en. banyak berkembang aplikasi yang inovatif dengan model makanan, pakaian, dan bahkan jet pribadi.
InsideTax | Edisi 38 | Mei 2016 19