Page 19 - InsideTax Edisi 38th (Aksi BEPS: Menangkal Penggerusan Basis Pajak)
P. 19

insidereview


                           Gambar 2 - Visi Internet of Things                     Online  advertising menggunakan
                                                                                internet sebagai  medium untuk target
                                                                                dalam menyampaikan pesan dari iklan
                                                                                kepada  audiens (customers). Berbeda
                                    Internet of Things
                                      Trillion nodes                            dengan  traditional  advertising,  online
         Building automation                                  Smart metering    advertising memberikan  lebih banyak
                                                                                manfaat.  Contohnya,  adanya  fitur
                                     Fringe Internet                            layanan  informasi dan hasil analisis
                                      Billion nodes                             online  advertising dalam melakukan
                                                                                segmentasi customers.
                                                                                  Pada umumnya, bisnis  online
                                     Core Internet                  Industrial   advertising dijalankan dengan model
          Phones
                                      Billion nodes                 automation  display  ads di mana pemasang iklan
                                                                                membayar     untuk   menampilkan
                                                                                iklan yang tersambung ke suatu
                                                                                konten tertentu. Model  bisnis  online
                                                                                advertising juga sering dijalankan
                                                                                melalui beriklan di  search engine, di
          Personal sensors                                    Logistic          mana pengiklan membayar untuk dapat
                                                                                tampil  dalam  pencarian di  internet.
                                                                                Beberapa pemain dalam industri
                                                                                online advertising antara lain: (i) web
                                     Transportation                             publishers yang mengintegrasikan iklan
                                                                                ke dalam bentuk online; (ii) advertisers
          Sumber: Zach Shelby dan Carsten Bormann, 6LoWPAN: The Wireless Embedded Internet (Inggris: John Wiley & Sons, 2009): 4.  yang memproduksi  materi iklan yang
                                                                                akan  ditampilkan  secara  online;
           IoT   terus   berkembang   dan   produksi, distribusi, penjualan,  dan  dan (iii) perusahaan  intermediaries
        penggunaannya     secara   kolektif  pengiriman barang dan jasa di sebuah  yang mencakup  search engines,
        bertujuan untuk menciptakan sebuah  pasar terbuka.   E-commerce adalah  perusahaan-perusahaan media, dan
                                                         6
        masa depan yang serba pintar (“smart  tulang punggung dari ekonomi digital.   vendor teknologi. Jejaring internet
                                                                            7
        everything”). 5  IoT   memberikan   Dalam bisnis e-commerce, tiga model  ini juga didukung pertukaran dan
        kesempatan bagi siapa pun dan di  yang  sering digunakan adalah:  (i)  pengumpulan data. Data ini dianalisis,
        mana pun untuk mengumpulkan dan  business-to-business  models  (B2B);  dikombinasikan, dan diproses sehingga
        menganalisis  informasi dari  hampir  (ii)  business to consumer models  menghasilkan profil pelanggan  online.
        segala hal. IoT akan lebih mendekatkan  (B2C); dan (iii) consumer to consumer  Profil penggunaan  online mencakup
        masyarakat, proses, data,  dan  things  models  (C2C).  Dalam  B2B,  transaksi  aktivitas  online  advertising, misalnya,
        dengan  membangun jaringan  yang  dilakukan untuk aktivitas bisnis seperti  informasi tentang jumlah klik (clicks),
        lebih  berharga,  memiliki kapabilitas  outsourcing support function untuk lini  demografi  pelanggan  dan  lain
        baru, kaya akan pengalaman, dan  bisnis online trading. Sedangkan B2C  sebagainya.
        penuh dengan  special  opportunities  merupakan model bisnis yang  paling   Keragaman model bisnis dalam
        untuk  bisnis, individu, dan negara.  umum digunakan di mana transaksi   era  ekonomi  digital  saat  ini  dapat
        Lihat visi IoT pada Gambar 2.       dilakukan secara digital sehingga dapat   digambarkan dari bagaimana suatu
           Untuk melihat perkembangan IoT   memotong supply chain yang panjang   perusahaan menghasilkan pendapatan
        lebih jauh dan adopsinya oleh sektor   dari rantai bisnis tradisional. Sementara   (Lihat Tabel 1). Dari beragamnya model
        ekonomi, penulis mengulas secara    dalam C2C,  intermediaries berperan   bisnis ini, muncul berbagai karakteristik
        singkat dua model bisnis yang popular   untuk  memfasilitasi portal tempat   dari ekonomi digital sehingga sangat
        dari berbagai  model  bisnis  dalam   penjual dan pembeli untuk melakukan   memungkinkan relevan  dari  perspektif
        spektrum ekonomi digital yang luas dan   transaksi atau  saling  berbagi  (sharing   pajak.
                                                     8
        inovatif,  yaitu  electronic  commerce   economy).
        (e-commerce)   dan   internet/online                                    Tantangan Pemajakan di Era
        advertising.                        6.  Ärthur Cockfield et.  al,  Taxing  Global  Digital
                                            Commerce (Belanda: Kluwer Law International, 2013),  Ekonomi Digital
           E-commerce     dapat   diartikan  11-12.                               Isu pemajakan pada ekonomi
        sebagai penggunaan internet  yang   7. Aleksandra Bal dan Carlos Gutierrez, “Taxation of the   digital bukanlah isu yang  baru.
                                            Digital Economy,” dalam International Tax Structures in
        memfasilitasi transaksi yang melibatkan   the BEPS Era: An Analysis of Anti-Abuse Measures, ed.   Pada  pertengahan  tahun  1990-an,
                                            Madalina Cotrut (Amsterdam: IBFD, 2015), 254.
                                            8. Berkat kemajuan teknologi,  sharing economy
        5.  OECD,  Measuring  the  Digital  Economy:  telah meringankan biaya transaksi,  meningkatkan
        A  New Perspective (Paris: OECD Publishing,   ketersediaan informasi, dan meningkatkan keamanan,   bisnis yang berbeda-beda,  yang  mampu menyediakan
        2014),  26.  Dapat  diakses di    http://dx.doi.  serta  lebih  dapat  diandalkan.  Belakangan  ini  telah   barang dan jasa seperti mobil, tempat tinggal  (singgah),
        org/10.1787/9789264221796-en.       banyak berkembang aplikasi yang inovatif dengan model   makanan, pakaian, dan bahkan jet pribadi.

                                                                                           InsideTax | Edisi 38 | Mei 2016 19
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24