Page 12 - InsideTax Edisi 27th (hi-TAXnology)
P. 12

insideheadline


                     Tabel 3 - Indikator-Indikator Pelayanan/Efisiensi/Prestasi Administrasi Pajak

                                  Persentase dari Total                     Tingkat   Tingkat Penggunaan
                   Negara        Anggaran di Tahun 2011   Jumlah Kantor   Penggunaan   Metode Pembayaran
                                                            Pajak Lokal    E-filing         Manual
                                Gaji Pegawai      IT
                Argentina           96,9          0,8          t.a           √√               t.a
                Belgia              81,4          6,1          1182           √               √√
                Bulgaria           80,6           2,4          23             √               t.a
                Cyprus              81,8           3            15           XX               √√
                Jepang             80,7           8,6          524            x                √
                Jerman              81,6          6,5          551           xx                √
                Luxembourg          82,9          3,6          83            xx               √√
                Malaysia            82,4          2,4          67             √               √√
                Polandia            81,7          1,6          400           xx               √√
                Prancis            80,8           3,6         1500            x               √√
                Swiss               92,6          2,6          t.a           xx               xx
               Keterangan: *√√ di atas rata-rata, √ rata-rata, x: di bawah rata-rata,  xx: jauh di bawah rata-rata.
                          ** √√ sangat baik, √ baik, x: buruk,  xx: sangat buruk.
               Sumber: Community Innovation Survey (CIS)-Survey Responses, oECD, 2013.


        dengan data pengukuran performa  dari angka 4,2% di tahun 2010.  28     pengembangan  IT  yang  efektif dan
        otoritas pajak  yang memiliki beberapa   Jelas, persentase ini masih terbilang   efisien,  Ditjen Pajak menetapkan
        indikator,  yaitu tingkat penggunaan   sangat kecil jika dibandingkan dengan   kebijakan melalui penerbitan dua
        e-filing  dan  e-payment,  rasio  rata-  negara-negara lain, seperti Australia   aturan  yang erat kaitannya dengan
        rata pegawai, total biaya/PDB, biaya/  dan  Singapura.  Tampaknya,  dengan   pengembangan  IT  di Ditjen  Pajak.
        pendapatan bersih, dan tingkat utang/  persentase anggaran yang begitu kecil,   Pertama,  aturan nomor PER-37/
        pendapatan bersih. Tingkat penggunaan   pengembangan IT untuk  perpajakan   PJ/2010 tentang Kebijakan Tata Kelola
        e-filing tersebut merupakan nilai rata-  masih  belum  menjadi  prioritas  Teknologi  Informasi dan  Komunikasi
        rata penggunaan  e-filing  untuk SPT   kebijakan bagi pemerintah Indonesia.   (PER-37), dan yang kedua, aturan
        PPh  OP,  SPT  PPh  Badan,  dan  PPN.                                   nomor   PER-51/PJ/2011     tentang
        Data menunjukkan bahwa penggunaan      Dalam     mengembangkan     IT,  Kebijakan Pengembangan Teknologi
        e-filing di negara-negera tersebut   pemerintah atau otoritas pajak perlu   Informasi (PER-51). Langkah tersebut
        sebagian  besar  berada  di  atas  rata-  memiliki strategi yang jelas dan inovatif   dilakukan  oleh pemerintah untuk
        rata, artinya pelaporan pajak secara   untuk  mereformasi  administrasi  menjawab tantangan yang dihadapi
        elektronik  lebih banyak digunakan   perpajakan.  Termasuk di  dalamnya   dalam melakukan reformasi IT untuk
        dibandingkan dengan cara manual.    seberapa besar investasi yang akan   administrasi perpajakan.
        Begitu pun dengan  sistem  e-payment   dilakukan  untuk  mengembangkan    Seperti yang telah diuraikan dalam
                                              29
        yang  sudah  banyak diterapkan  dan   IT.   Pemerintah mungkin memiliki   pembahasan  sebelumnya, terdapat
        digunakan oleh  WP dalam memenuhi   alasan tersendiri  mengapa persentase   sejumlah tantangan pengembangan
        kewajiban perpajakannya. Indikator-  anggaran IT masih sangat kecil dari   IT yang dihadapi secara umum oleh
        indikator  lain seperti rasio pegawai   total anggaran administrasi pajak.   negara  berkembang.  Dari beberapa
        (staffing ratio), rasio biaya administrasi   Seperti yang selama ini terjadi, meski   tantangan tersebut, hanya sedikit
        dibandingkan PDB,  cost of collection   pemerintah sudah  mulai mengarah   tantangan yang dapat diantisipasi oleh
        ratio,  dan  rasio  utang   negara  pada  pengembangan  IT  yang  lebih   kedua aturan tersebut. Seperti dalam
        menunjukkan performa yang baik.     baik, seperti dengan menerapkan     lampiran PER-51, terdapat keharusan
                                            sistem e-reg, e-filing, e-payment, dan   kepada  Developer yang berkontribusi
        Tantangan Pengembangan IT di        program IT lainnya, ternyata masih   dalam  mengembangkan     aplikasi
                                            belum berdampak pada perbaikan
        Indonesia.                          kinerja administrasi perpajakan.    di Ditjen Pajak untuk  melakukan
           Untuk tahun  2011,  anggaran  IT    Dalam          menyempurnakan    Training  of Trainer  (ToT) sebelum
        yang dikeluarkan oleh pemerintah                                        aplikasi IT diimplementasikan.  ToT
        Indonesia hanya sebesar 1,5% dari                                       tersebut nantinya diberikan kepada
        total biaya administrasi pajak, menurun   28. Ibid., 175.               staf  di  Direktorat Teknologi Informasi
                                            29. Glenn P. Jenkins, “Information Technology and  Perpajakan (TIP) dan staf pajak lainnya
                                            Innovatiob in  Tax  Administration”,  Kluwer Law   sebagai perwakilan pengguna. Dengan
                                            International, The Netherlands: 1996, 13.
       12  InsideTax | Edisi 27 | Januari 2015
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17