Page 9 - InsideTax Edisi 37th (Tax Amnesty sebagai Awal Reformasi Pajak)
P. 9

insideheadline


        akan menjadi sumber pendapatan  untuk meningkatkan kepatuhan WP di  setelah  tax amnesty  diberlakukan jika
        pajak  yang  lebih  tinggi  dalam  jangka  masa yang akan datang, serta dapat  diikuti  oleh penegakan hukum yang
        panjang. 14                         menjadi alat bagi negara untuk menarik  lebih kuat serta upaya memperbaiki
           Tax amnesty juga dapat mengatasi   kembali pajak yang hilang atau belum  administrasi pajak. 21
        persoalan di perekonomian informal. Hal   dibayar dengan mengajak  WP yang
        ini dikarenakan dengan diberlakukannya   selama ini belum terdaftar untuk masuk  Tax Amnesty dan Kaitannya
        tax amnesty dapat mengurangi jumlah   ke dalam jaringan sistem administrasi   dengan Era Keterbukaan
        kecurangan membayar pajak yang      perpajakan.                         Informasi Perpajakan
        terjadi dalam ekonomi bawah  tanah     Selain itu, adanya isu tax amnesty   Indonesia  sebagai  salah  satu
        (underground economy).  Pemerintah  yang   dianggap   lebih  membela    negara anggota G20 menunjukkan
                              15
        juga dapat menggunakan tax amnesty  pengemplang pajak dan menimbulkan   komitmennya   dengan    berencana
        untuk mendorong  kembalinya  modal  ketidakadilan bagi  WP yang  selama   mengadaptasi  sistem   Standard
        yang diparkir di luar negeri. Pemberian  ini sudah  patuh juga  menjadikan   Automatic Exchange  of Financial
        tax amnesty atas pengembalian modal  persepsi yang  buruk terhadap  tax   Account Information  in  Tax  Matters
        yang  berada di luar negeri ke bank  amnesty. Persepsi tersebut seharusnya   yang mulai berlaku di tahun 2017-
        dalam negeri perlu dilakukan  untuk  dapat dibalik. Jika pemerintah hanya   2018. 22  Produk  utama  dalam
        memudahkan otoritas pajak  dalam  menunggu semua masyarakat patuh       pelaksanaan   Automatic  Exchange
        meminta   informasi  tentang  data  dalam membayar pajak,  justru  akan   of Financial  Account Information in
        kekayaan  WP kepada  bank dalam  menjadi lebih tidak adil bagi WP yang   Tax Matters  adalah dihasilkannya
        negeri.                             selama ini sudah patuh karena beban   suatu basis  data  yang  sistematis  dan
              16
           Tax amnesty juga sering digunakan   pajak tidak terdistribusi  secara adil   memiliki jangkauan berskala global.
        sebagai alat yang digunakan sebelum   kepada  semua  masyarakat.  Artinya,   Sejalan dengan program tersebut
        adanya penegakan disiplin yang lebih   hanya  sebagian  kecil  WP  saja  yang   maka pemerintah harus memiliki suatu
        ketat dalam sistem. Tujuan yang     akan menanggung beban pajak.        sistem basis data yang memadai agar
        mendasari hal tersebut  adalah untuk   Hal ini dapat dibuktikan  di mana   dapat dipertukarkan dengan negara
        memberikan    kesempatan   kepada   pada tahun 2014 jumlah WP yang      lainnya.
        masyarakat yang selama ini melakukan  terdaftar di Indonesia hanya  sebesar   Tax amnesty merupakan jalan yang
        penunggakan     agar     mendapat   25%  dari total angkatan kerja      dapat ditempuh pemerintah untuk
                                                                            19
                                                18
        pengampunan dari perbuatan masa  dan dari 25% WP dari yang terdaftar    memenuhi kebutuhan akan basis data.
        lalu mereka di bawah pemerintahan   hanya 58% yang melaporkan SPT       Pertukaran  informasi untuk  tujuan
        politik sebelumnya yang tidak efisien  Pajak Penghasilanya secara sukarela.    pajak antar negara tidak mungkin dapat
                                                                            20
        dan menjadi “orang baik” di masa yang  Rendahnya  jumlah WP yang  terdaftar   dilakukan tanpa adanya kerjasama
        akan datang.                        dari total angkatan kerja dapat menjadi   dari WP.   Saat ini konsep pertukaran
                   17
                                                                                       23
                                            dorongan agar pemerintah dapat segera
        B.  Persepsi Mengenai Tax amnesty   memberlakukan kebijakan tax amnesty   informasi global memberikan penekanan
                                                                                bahwa individu maupun korporasi tidak
           Selama ini persepsi mengenai  tax   untuk  memberi kesempatan kepada   hanya bersikap pasif dengan menunggu
        amnesty lebih mengarah pada upaya   masyarakat yang selama ini belum    kebenaran informasi finansial maupun
        untuk meningkatkan penerimaan pajak   melaporkan atau tidak membayar    non-finansial dirinya diungkap  oleh
        dalam waktu singkat, padahal jika   pajaknya.                           pemerintah,  sebaliknya ada  baiknya
        dilihat  lebih  jauh  tax  amnesty  justru   Persepsi yang menyatakan bahwa   apabila individu dan korporasi dapat
        dapat memberikan efek jangka panjang  tax amnesty seolah hanya untuk jangka   menunjukkan  tanggung  jawabnya
        bagi penerimaan pajak. Pada umumnya  pendek yaitu semata hanya sebagai   dengan secara aktif dalam mengungkap
        suatu negara memberikan tax amnesty  jalan  pintas untuk meningkatkan   kebenaran informasi finansial maupun
                                            penerimaan pajak  saja,  harus  diubah   non-finansial yang dimilikinya  kepada
                                            dengan pandangan bahwa tax amnesty   para   stakeholder. 24  Melalui  tax
        Subsequent Filing from the State of Michigan’s Income   justru dapat memberikan efek jangka
        Tax amnesty, 55 National Tax Journal 703 (2002), 704.                   amnesty  WP dapat  melaporkan  harta
        14. E. Uchitelle,  The Effectiveness of Tax amnesty  panjang, karena mampu menjaring   kekayaannya  yang  sesungguhnya
        Programs in  Selected  Countries,  Quarterly Review,  WP yang selama ini belum patuh dan
        Federal Reserve Bank of New York (1989), 49.  menggali  informasi dan memperluas
        15. A.  Das-Gupta & D. Mookherjee,  Tax  Amnesties   basis  pajak.  Namun  demikian,  21. James Alm and William Beck, “Tax Amnesties and
        in  India:  An Empirical  Evaluation,  IRIS-India Working               Compliance In The Long Run: A Time Series Analysis,”
        Paper No.4, Centre of Institutional  Reform and the  kepatuhan pajak dapat meningkat   National Tax Journal, Vol 46 no. 1 (1993), 53.
        Informal Sector, University  of Maryland, United  States                22. Cnn.indonesia.com, “Siap-siap, data Perbankan jadi
        (1995). 20. 409. Lihat juga Latansa Izzata D E, “Tax                    Alat Incar Pajak pada 2017,” http://www.cnnindonesia.
        amnesty bagi  Hard-to-Tax-Sector,  InsideTax,  Edisi 37   18.  Jumlah  WP yang  terdaftar sampai  tahun  2014   com/ekonomi/20160226093232-78-113680/siap-
        (2016).                             sebesar 30.574.428 orang.   Lihat  Laporan Tahunan   siap-data-perbankan-jadi-alat-incar-pajak-pada-2017/.
        16.  Jacques Malherbe dkk,,”Tax amnesty in the 2009   Direktorat  Jenderal Pajak 2014 di  http://www.pajak.  23.  Tonny  Schenk-Geers,  International  Exchange
        Landscape”. Bulletin for International Taxation,  (April   go.id/content/laporan-tahunan-djp.  of Information and  the  Protection of Taxpayers
        2010): 235-236, Lihat juga Darussalam, “Tax amnesty   19.  Lihat Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia 2014 di   (Alphen:Kluwer Law International,2009),3.
        dalam  Rangka  Rekonsiliasi  Naional”.  InsideTax,  Edisi   http://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi.  24.  Benjamin Fung,  “The  Demand and Need  for
        26 (Desember 2014) :16              20. Laporan Tahunan Direktorat Jenderal Pajak 2014,   Transparency and Disclosure in Corporate Governance,”
        17. Najeeb Memon, Loc.Cit., 5.      http://www.pajak.go.id/content/laporan-tahunan-djp.  Universal Journal of Management 2 (2) (2014):72.

                                                                                         InsideTax | Edisi 37 | Maret 2016  9
 Tax Amnesty
  Tax Amnesty
                                                                              Tax Amnesty
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14