Page 67 - InsideTax Edisi Khusus 40th (Outlook & Tantangan Sektor Pajak 2019 - Berebut Suara Wajib Pajak)
P. 67

Kapasitas Fiskal Daerah


            formalitas. Salah satu contoh    Ke depan, kita tentunya akan     diperbaiki karena menggunakan
            kelemahan daerah biasanya dia    membuat transfer ke daerah ini   dasar kinerja.
            seharusnya bisa menundukkan diri   lebih berhasil guna, apakah itu
            pada KUP [Ketentuan Umum dan     yang sifatnya block grant atau   Bagaimana perkembangan reward
            Tata Cara Perpajakan]. Namun, ini   program, hibah, bantuan, atau   and punishment transfer daerah
            kan kelihatannya belum menjadi   apapun namanya, bisa digunakan   dan dana desa yang sudah
            rules yang jelas. Akhirnya, saat   sesuai dengan yang seharusnya.   dijalankan?
            mereka ingin melakukan law       Dengan demikian, program yang    Proses penganggaran mulai
            enforcement, pemahamannya        terlaksana bisa nyambung antara   dari alokasi sampai dengan
            masih sangat kurang.             pusat dan daerah. Bagaimanapun,   penyalurannya ini makin lama
                                             pembangunan yang dilakukan
            Ada rekomendasi dari IMF dan     melalui APBD harus konsisten     makin baik. Perbaikan ini basisnya
            OECD untuk mengembalikan ke      dengan yang ada di APBN.         adalah kinerja. Itu semua dikaitan
            pemerintah pusat atas beberapa                                    dengan kewajiban. Kewajiban
            jenis pajak yang tidak optimal.   Makanya, di situ ada untuk      itu apa? Salah satunya adalah
            Bagaimana pandangan Anda?        pembangunan infrastruktur, untuk   kewajiban pelaporan terkait dengan
                                             DAU itu tidak boleh kurang dari   keuangan daerah, mulai dari APBD
            Saya sih balik lagi ke jawaban saya   sekitar 25%, maksudnya apa?   dan persentase realisasi atau
            tadi daerah itu harus meningkatkan   Ya kita harus berkomitmen untuk   output.
            kapasitasnya. Dengan demikian,   membangun infrastruktur. Untuk
            bukan berarti kalau belum optimal   2019 misalnya, komitmen ke arah   Untuk DAK, misalnya, yang
            terus dibalikin. Kalau dibalikin,   sumber daya manusia (SDM). Ya   pertama dilihat apakah kontraknya
            akhirnya ya sama saja, yang      semuanya harus dihubungkan       sudah ada? Kemudian, kesesuaian
            kapasitasnya semakin kecil. Saya   ke SDM, mulai dari pendidikan,   dengan kontrak. Kalau ini
            terus terang enggak sependapat   kesehatan, dan aspek lainnya     semuanya sudah dilakukan,
            [dengan rekomendasi] itu. Hal    seperti infrastruktur yang terkait.   tentunya dia tidak kena penalti.
            yang seharusnya dilakukan adalah   Dirigennya adalah pemerintah   Yang namanya reward itu, dia
            peningkatan kapasitas.           pusat. Pemerintah daerah semuanya   akan diberikan sesuai dengan
                                                                              jadwal waktu yang seharusnya.
            Oleh karena itu, kami melakukan   harus ikut. Jadi, jangan sampai   Kalau dia meleset, dia yang kena
            bimbingan teknis dan konsolidasi   yang harusnya bunyi malah tidak   punishment.
            antara otoritas fiskal pusat     atau musiknya malah jadi ‘fals’.
            dan otoritas fiskal daerah.      Apa perubahan yang terjadi dalam   Apakah kebijakan-kebijakan itu
            Konsolidasi ini dilakukan dengan   desentralisasi fiskal dahulu dengan   sudah efektif?
            mengumpulkan data-data yang      sekarang?                        Kalau dibilang efektif atau tidak,
            seharusnya bisa dikaitkan. Dengan                                 terus terang saja, kami melihat ini
            demikian, pemerintah pusat juga   Perubahannya yang jelas dari sisi   adalah cara yang saat ini bisa kita
            enggak susah jika ingin mencari   kami di Kementerian Keuangan    lakukan. Efektivitasnya mungkin
            data proyek daerah, bendahara,   karena berkaitan dengan APBN     sekarang kita belum bisa ngomong
            dan lain-lain. Di sisi lain, daerah   dan transfer ke daerah, pertama,   100%, tapi kita bergerak maju.
            juga mendapat manfaat.           semakin lama anggaran transfer   Sekarang itu yang baru bisa kita
                                             ke daerah sudah semakin fokus.
            Beberapa penerimaan di pusat,    Jadi, fokusnya sudah tambah      lakukan, karena enggak mungkin
            seperti PPh Pasal 21, menjadi    jelas. Kedua, basisnya adalah    juga misalnya daerah tidak comply
            bagian dari DBH. Namun,          kinerja. Kalau kinerjanya kurang   trus langsung kita setop.
            sejauh ini tidak ada upaya dari   baik, tentunya akan ada semacam   Bagaimanapun, porsi terbesar
            pemerintah daerah untuk turut    penalti.                         dari APBD ini berasal dari transfer
            meningkatkan penerimaan ini.                                      ke daerah. Kalau ini kita setop,
            Bagaimana Anda melihat kondisi   Ketiga, proses integrasi semakin   daerahnya berhenti dong, enggak
            ini?                             kuat. Beberapa bagian pemerintah   beroperasi atau shut down. Enggak
                                             pusat dan pemerintah daerah
            Itu masuk program kami, yang     disatukan dalam satu program yang   mungkin begitu. Maka dari itu, kita
            sedang piloting. Intinya, kita   terintegrasi. Dengan demikian,   mendorong dari segi compliance.
            sama-sama tahu. Daerah tahu      tidak ada yang tumpang tindih.   Dengan pemerintah daerah patuh,
            apa kurangnya, apa lebihnya,     Keempat, lebih komprehensif.     kita juga bisa melihat paling tidak
            begitu pula dengan pusat. Nah, ini   Kelima, governance-nya terus   governance yang dilakukan oleh
            disatukan.                                                        daerah tersebut.











                                                                                                INSIDETAX       67
   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72