Page 72 - InsideTax Edisi 41st (Outlook & Tantangan Sektor Pajak 2020 - Antara Relaksasi dan Mobilisasi)
P. 72
Menimbang Dilema Pajak Digital
menjadi dasar dari proses Jadi, saya melihat ada kebutuhan Bagaimana agar konsensus dapat
pemajakan atas entitas digital. politik dari aksi unilateral pajak dijalankan secara efektif?
layanan digital seperti yang
Kemudian, kriteria kedua adalah dilakukan Prancis dan Australia. Semua yang keluar dari OECD
adanya konsensus nyata, yaitu adalah soft law dan tidak
dari orang-orang yang duduk di Sudah ada sekitar 21 negara memaksa. Jadi, itu bukan
sekeliling meja memahami proposal melakukan aksi unilateral. kewajiban hukum yang harus
itu dan kemudian mengatakan ya Sekarang yang dikatakan negara- ditaati. Tentu saja, jika Indonesia
dengan suara keras, kami setuju negara ini adalah sekali ada menjadi bagian dari proses,
dengan mereka. perjanjian global, mereka akan harapannya Anda setia untuk
meninjau rezim-rezim pajak itu. menerapkan pajak minimum.
Kriteria ketiga, apakah layak secara Apakah yang ditinjau adalah
administratif dan otoritas domestik dengan menghapus digital services Apa perspektif Anda terkait pajak
dapat mengimplementasikan hal tax (DST), saya belum tahu. Jadi, minimum bagi negara di Asia?
tersebut. Ini benar-benar bagian itulah latar belakangnya.
penting bagi negara berkembang. Asia adalah daerah yang sangat
Mereka tidak memiliki kapasitas Saya memikirkan seluruh persoalan kompetitif dalam dimensi tarif
seperti negara maju, seperti Anda ini, di mana perdebatan kebijakan pajak. Jika pajak minimum bisa
[Indonesia] dan India memilikinya. antarnegara kemudian menjurus memberi solusi atas fenomena race
Jadi pertanyaannya adalah apapun pada ketegangan perdagangan. Itu to the bottom, itu hal yang baik.
yang muncul dengan konsensus yang saat ini terjadi antara Amerika Namun, sebagai gantinya pajak
OECD adalah dapatkah itu benar- Serikat dan Prancis. minimum akan menghilangkan
benar diterapkan dan dipraktikkan sebagian kedaulatan Anda untuk
secara konsisten. Dalam situasi ini, apa aspek utama merancang insentif pajak. Apakah
yang harus dipertimbangkan? itu hal yang baik atau tidak? Itu
Selain itu, kriteria terakhir adalah adalah keputusan politik. Banyak
redistribusi pendapatan yang Bagi saya, kuncinya sekarang dari insentif ini berpengaruh kecil
dihasilkan. Ini karena tidak seperti adalah dapatkah OECD di sini dalam membawa investasi baru.
BEPS pertama tentang kepatuhan, dapat memberikan persetujuan
yang satu ini tentang redistribusi sistem konsensus nyata di Apakah Anda optimistis akan
pendapatan adalah hasil dari mana semua negara itu bisa tercapainya konsensus global?
berkurangnya potensi pendapatan. mengimplementasikannya. Sangat sulit mengatakannya. Kita
Apakah itu dianggap adil oleh Bukankah sebuah konsensus belum mengetahui posisi Amerika
politisi, LSM, dan masyarakatnya. itu harus memiliki substansi
di dalamnya? Itu tidak boleh Serikat hingga saat ini. Namun,
Jadi, Anda harus memenuhi menjadi pembatas dan tidak boleh kondisi saat ini cukup sulit. Ini
keempat kriteria itu untuk memiliki menutupi perbedaan. Harus ada karena ada agenda konsensus
posisi konsensus yang akan konsensus nyata tentang apa pada Januari dan pada saat yang
bertahan dalam waktu lama. Jadi solusinya dan dalam beberapa hal, bersamaan ada situasi betapa
itulah yang saya sebut sebagai penting untuk menggabungkan sulitnya menyatukan berbagai
konsensus aktif, di mana negara konsensus dengan substansi. kepentingan untuk mengerjakan
berkembang lebih siap berdiri satu perincian proposal yang baik.
dan mengatakan ya, kita suka Anda harus melakukannya dengan Jika tidak ada konsensus, apa
ini semua. Dan jika Anda tidak benar. Itu berarti aturan teknis yang akan terjadi?
menyukainya, maka Anda perlu harus benar dan itu sulit dicapai
meletakkan sesuatu di atas meja dalam jenis kerangka waktu yang Peraturan pajak internasional bisa
untuk dirundingkan ulang. pendek saat ini. Kerangka solusi dibilang sangat muda. Kita semua
baru yang disajikan akhir-akhir
Bagaimana dengan sengketa pajak ini mencoba memikirkan untuk berbicara tentang modifikasi,
kadang-kadang signifikan. Kita
terkait dengan ekonomi digital? mendapatkan solusi pada Januari akhirnya akan mendapatkan
atau bahkan pada November 2020
Nah, Anda tahu alasan dari negara- saat pertemuan KTT G20. konsensus, pertanyaan kuncinya
negara dalam menerapkan aksi sekarang adalah kapan waktu
sepihak atas layanan digital seperti Ada banyak pekerjaan teknis yang proposal disepakati?
India dengan Equalization Levy? perlu dilakukan sebelum kita Ya, tentu ada tekanan politik untuk
Karena mereka menganggap dan menempatkan konsensus dalam menyelesaikan hal itu dalam 6-8
melihat bahwa akan sulit untuk sebuah sistem. Hal itu tidak hanya bulan ke depan. Saya dapat melihat
mendapatkan konsensus. dimasukkan ke dalam sistem yang mengapa ada sedikit tekanan tetapi
berfungsi hari ini. Konsensus ini
Ada banyak tekanan politik bagi dimasukkan ke dalam sistem yang pada saat yang sama kita harus
negara tersebut untuk bertindak, berfungsi selama 50 tahun ke menyelesaikannya. Kita harus
sehingga tidak mudah bagi mereka depan dan itu sangat penting bagi memperbaikinya karena apapun
mengimplementasikan langkah- negara seperti Indonesia. yang disepakati harus bertahan
langkah ini di beberapa negara. dalam waktu yang panjang.
72 INSIDETAX