Page 68 - InsideTax Edisi 41st (Outlook & Tantangan Sektor Pajak 2020 - Antara Relaksasi dan Mobilisasi)
P. 68

Menimbang Dilema Pajak Digital


            laba,  melainkan atas  pendapatan  ekonomi digital yang sangat cepat,  Dokumen  sepanjang 32 halaman
            bruto (revenue).                 sekaligus melawan  aksi korporasi  itu diterbitkan  pada Maret 2019.
                                             multinasional  yang    berusaha  Namun,     perlu   digarisbawahi
            Tentu AS berang.  Trump bahkan   menghindari pajak.               bahwa dokumen tersebut bukanlah
            mengancam melakukan aksi balasan                                  konsensus    OECD,    melainkan
            dengan menaikkan tarif 100%  Anggota OECD berjumlah 36 negara,    sekadar pandangan substantif yang
            terhadap  produk impor Prancis  sedang G20 ada 20 negara. Namun,   bisa dikritisi oleh para anggotanya.
            seperti sampanye, keju, hingga tas.  BEPS Project disambut positif oleh
            Namun,  Prancis tak gentar.  Ketika  banyak negara,  hingga  negara-  Ada tiga prinsip penting mengenai
            ancaman kenaikan tarif itu muncul,  negara di luar OECD/G20 pun  dasar pemajakan digital yang
            Prancis menjawabnya dengan ‘kami  memutuskan bergabung.  Sampai  diibahas dalam dokumen itu. Ketiga
            siap bertempur di WTO’.          Desember 2019, tercatat sebanyak  pendekatan ini memiliki persamaan
                                             136  negara  telah  bergabung  ke  sekaligus perbedaan. Kemungkinan,
            Dilema Pajak Internasional       dalam BEPS Inclusive Framework.   BEPS  Project  akan  memilih  satu

            PAJAK layanan digital Prancis    Lalu  pada  2015,  alias  2  tahun   atau mengombinasikan berbagai
            adalah salah satu contoh rumitnya   setelah  proyek ini  berjalan,  BEPS   aspek dari tiga pendekatan ini.
            pajak internasional. Berdasakan   Project  merilis 15  rencana aksi,  Pertama,  pendekatan  berbasis
            literatur, pajak seharusnya dibayar   salah satunya mengenai aspek  pengguna (user). Di sini pajak digital
            di tempat aktivitas itu menghasilkan   pemajakan digital terutama yang  dipungut  berdasarkan  kontribusi
            untung.   Apabila  menghasilkan  berkaitan dengan risiko penggerusan  pengguna. Dalam pendekatan ini,
            keuntungan di Prancis, maka bayar   basis pajak.                  hak pemajakan atas perusahaan
            pajaknya di Prancis.                                              digital  seharusnya  dialokasikan
                                             Prinsip BEPS Project
            Namun,     pendekatan   literatur                                 kepada   negara   tempat   para
            klasik itu buyar  ketika  berhadapan  SAYANGNYA, hingga kini Rencana   pengguna layanan itu berada.
            dengan model bisnis di era digital.  Aksi 1 tentang pajak digital belum   Misalnya  layanan  streaming  video
            Pasalnya, model bisnis digital  menemukan titik temu.  Sejauh ini,   dari Netflix, ketika banyak ditonton
            bersifat borderless alias tanpa batas  OECD menjadwalkan konsensus   pengguna  di Indonesia, maka
            geografis. Indonesia juga mengalami  harus bisa dicapai setidaknya pada   pajak atas layanan itu juga harus
            hal ini ketika tidak mampu memaksa  semester II 2020.             dipungut Indonesia.  Meski Netflix
            Google membayar pajak.                                            tidak memiliki kantor di Indonesia,
                                             Meski demikian, tidak berarti tidak
            Pasalnya,   Google   menjadikan  ada kemajuan. BEPS  Inclusive    itu tidak jadi  soal.  Sepanjang
            Singapura sebagai  kantor pusat  Framework dan OECD Task Force on   pelanggannya warga Indonesia,
            untuk penagihan  invoice  atas  Digital Economy sudah merumuskan   Indonesia berhak memajaki Netflix.
            transaksi di Indonesia. Status Google  semacam proposal atau aturan   Kedua,  pendekatan  berbasis
            Indonesia cuma sebagai  marketing  pokok. Proposal tersebut tercantum   marketing intangibles. Pendekatan
            representative.       Akibatnya,  dalam dokumen konsultasi berjudul   ini menilai  marketing intangibles
            Singapura   yang   mendapatkan   Addressing the Tax Challenges  of   seperti merek, database pelanggan
            pembayaran pajak atas transaksi  the Digitalisation of the Economy.
            dari Indonesia.
            Karena karakter bisnis  digital
            yang  borderless dan melibatkan
            banyak negara ini, tidak heran
            apabila muncul upaya global untuk
            mengatasi disrupsi ini, terutama dari
            negara-negara anggota Organisation
            for  Economic Co-operation and
            Development (OECD) dan G20.
            Pada  2013,  OECD dan G20
            merilis  proyek mengatasi disrupsi
            pajak   digital  bernama   Base
            Erosion   and   Profit  Shifting
            Project  (BEPS  Project).  Proyek ini
            berniat menyelesaikan dinamika
                                             Dua pejalan kaki berjalan di depan kantor OECD di Paris, Prancis.








       68     INSIDETAX
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73