Page 20 - InsideTax Edisi Khusus 40th (Outlook & Tantangan Sektor Pajak 2019 - Berebut Suara Wajib Pajak)
P. 20

Janji Pajak Capres


            Reformasi seperti apa yang       Dahulu, selama 5 tahun, saya     memungut pajak barang itu sulit
            diinginkan pasangan Prabowo-     juga bisa menyelesaikan10 UU,    tapi kan kita punya prinsip. Prinsip
            Sandi?                           biasa-biasa saja. Itu juga enggak   itu adalah cost of collection-nya
                                             ruwet-ruwet amat. Paling enggak   murah, yang ‘dicubit’ enggak terlalu
            Budget reform itu harus dimulai   saya mau mendengarkan aspirasi.   teriak, efisien, dan kebocorannya
            dari diri pemerintah sendiri. Salah   Kalau memang perlu diubah, ya   rendah.
            satu reform-nya itu multipurpose   baru kami ubah dan meneruskan
            policy. Budget enggak ada defisit   dengan perubahan seperlunya.   Anda lihat saja sekarang anggaran
            sehingga tidak ada penambahan    Namun, intinya enggak boleh      DJP. Jika dibandingkan dengan
            utang baru. Belanja dari uang yang   dipolitisasi. Aparat keuangan   kenaikan penerimaan perpajakan
            ada dulu.                        seluruhnya harus benar-benar     dari zaman saya dulu dengan

            Bagaimana caranya?               dijaga profesionalitasnya.       zaman sekarang, enggak masuk
                                                                              akal naiknya [anggaran DJP]
            Ya itu tadi, uang belanja yang                                    sampai beberapa kali lipat. Ini
            tidak perlu itu dikurangi,              Cost of                   berarti kan cost of collection-nya
            dihapus. Bagaimanapun, utang     collection-nya                   tinggi.
            itu menyangkut kedaulatan dan                                     Apakah sistem pajak final bisa
            martabat Indonesia. Selama       murah, yang                      menjamin berjalannya fungsi
            kita mengesampingkan risiko      ‘dicubit’ enggak                 keadilan dan redistribusi?
            fiskal dengan belanja yang tidak
            terkontrol maka utang bisa       terlalu teriak,                  Keadilan ini memang relatif, tapi
            meningkat dan semakin lama justru  efisien, dan                   lebih tidak adil lagi kalau you yang
            alokasi anggaran dipergunakan                                     berdasarkan teori keadilan, enggak
            untuk mengelola utang. Semua ini   kebocorannya                   bisa terapkan itu. Itu jatuhnya
            harusnya dilihat secara seimbang.  rendah.                        lebih tidak adil dibandingkan
                                                                              keadilan yang tadi. Maksudnya
            Artinya ada jaminan stimulus                                      mau progresif? Ya enggak usah.
            ke perekonomian juga tidak       Bagaimana pandangan Anda         Misalnya bunga deposito, dapat
            berkurang?                       terkait kepatuhan wajib pajak yang   miliaran, dengan persentase
                                             rendah?
            Iya. Ketika diberikan ruangan                                     pajaknya sama, yang simpanannya
            kepada dunia swasta, dengan tidak   Ya sangat rendah, makanya     besar juga akhirnya secara nilai
            menekan dari sisi perpajakan,    sistem harus dibenahi. Kalau     juga besar. Kalau dibedain tarifnya
            mereka pada akhirnya juga        yang [pajak] final, kepatuhan    malah ruwet dan lebih enggak jalan
            berdampak pada perekonomian.     tinggi, hampir 100% ibaratnya.   lagi. Yang gede malah lolos, lebih
            Menurut saya, ini tidak akan     Ya sudah, ngikutin itu karena    enggak adil lagi. Enggak ada yang
            mengganggu pergerakan ekonomi.   kenyataannya begitu. Ya bikin dong   sempurna, tapi kita cari best way.
            Apalagi, sebetulnya stimulus APBN   sistem yang bikin menyebabkan   Bagaimana tanggapan Anda
            ke perekonomian enggak besar-    kepatuhan naik. Pajak di Bursa   atas usulan pembentukan badan
            besar amat. Bagaimana mau besar?  Efek, misalnya, transaksinya gede,   khusus untuk pajak?
            Orang juga mengerti, tax ratio-nya   Rp5 triliun—Rp10 triliun tiap hari.
            rendah kok. Kalau tax ratio rendah,   Itu kepatuhan 100%. Ya sudah,   Itu layak untuk dikaji lebih dalam
            yang masuk ke pemerintah kan     model-model yang kayak gitu yang   lagi karena memang sebagai
            rendah. Lebih banyak retorikanya.   dibikin.                      direktorat jenderal mungkin sudah
                                                                              terlalu besar melebihi banyak
            Pemerintahan saat ini tengah     Artinya Prabowo-Sandi akan lebih   kementerian. Span of control-
            melakukan reformasi pajak dengan   banyak menggunakan sistem pajak   nya agak berat sehingga banyak
            rencana revisi paket undang-     final?                           kendala-kendala yang ada. Saya
            undang (UU) terkait pajak. Apakah                                 belum bisa memberikan jawaban
            jika terpilih, Prabowo-Sandi akan   Yang bisa difinalkan, difinalkan   pasti atas hal ini, tapi layak untuk
            melanjutkannya?                  saja. Pajak final juga terbukti   dipertimbangkan lebih lanjut.
                                             menyelamatkan pas krisis. Saya
            Belum tentu kami lanjutkan. Kami   waktu menerapkan pajak final itu
            akan lihat dan review lagi. Kami   enggak menduga hal itu. Orang
            akan mendengarkan pendapat dari   enggak banyak mengeluh karena
            semua stakeholder terkait dan    ada kepastian. Memang kulturnya
            kami biasanya enggak bertele-tele.   begitu, bagaimana? Sebenarnya









       20     INSIDETAX
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25