Page 9 - Working Paper (Pesta Demokrasi Tanpa Kebijakan Pajak)
P. 9

DDTC Working Paper 0614
                                                                                                           9



                   pengusaha yang terhubung dengan aktivitas lobi.   anggota  parlemen untuk  menolak  rekomendasi
                   Sayangnya, perumusan kebijakan pajak di negara-  dari  Bomami Commission, komite yang  dibentuk
                   negara berkembang cenderung kurang transparan,   Presiden untuk mengkaji kembali seluruh kontrak
                   berada dalam area informal, dan ditandai dengan   dan ketentuan hukum pertambangan di  negara
                   rendahnya partisipasi  publik.  Proses  perumusan   tersebut. Selain itu, pengakuan yang mengejutkan
                   kebijakan yang lemah dan situasi perpajakan yang   juga  datang  dari  mantan  Menteri  Keuangan
                   buruk  juga  seringkali  mengundang  adanya  aktor   Tanzania  yang  mempertanyakan  peran  donor
                   lain untuk berperan, seperti:  donor  dan lembaga   asing  dalam  mengintervensi kebijakan  pajak
                   multilateral  maupun  LSM.  Celakanya,  seringkali   nasional  hanya  demi mengamankan  kepentingan
                   terjadi bias atas mana yang menjadi kepentingan   perusahaan tambang dari negara donor tersebut. 49
                   donor  atau  justru kepentingan  kalangan  usaha
                                                                    4. Pemilu,  Aktor, dan  Perumusan
                   yang  diperjuangkan  oleh negara  donor  ataupun
                   lembaga multilateral.  Hal ini dapat  dilihat pada   Kebijakan Pajak di Indonesia
                   kasus di Afrika.
                      Negara-negara  di  Afrika  cenderung  memiliki   Mengacu  pada  paparan  di  bagian-bagian
                   kapabilitas  administrasi  pajak  yang lemah,    sebelumnya,  organisasi politik  memiliki  peran
                   situasi perpajakan  yang  kurang  transparan,    sentral  dalam  perumusan  kebijakan  pajak.
                   serta  bergantung  pada   ekspor  komoditas      Lalu  bagaimanakah  prediksi  kebijakan  pajak  di
                   sumber daya  alam.  Penerimaan pajak  hanya      Indonesia  dengan adanya perubahan peta politik
                   tergantung  dari  segelintir perusahaan besar    di tahun ini?
                   saja, sedangkan penerimaan lain  tergantung  dari
                                                                       Pertama-tama,  sistem demokrasi di Indonesia
                   donor  dan pinjaman dari  lembaga multilateral.
                                                                    jelas  membuat  preferensi masyarakat  terhadap
                   Ketergantungan  yang  tinggi  dari beberapa
                                                                    suatu  kebijakan wajib  untuk  diperhitungkan.
                   perusahaan dan sistem yang  tidak  transparan
                                                                    Dukungan    pemilih   menjadi   sesuatu   yang
                   menciptakan adanya tendensi untuk memberikan
                                                                    harganya mahal dan diperebutkan oleh 12 partai
                   insentif pajak yang berlebihan. Selain itu, terdapat
                                                                    nasional  (dan  3  partai  lokal  di  Nanggaro  Aceh
                   berbagai  indikasi pelarian  laba  dari perusahaan-
                                                                    Darussalam). Kompetisi partai politik di Indonesia
                   perusahaan   multinasional  yang  beroperasi
                                                                    untuk  mendapatkan  suara  mayoritas  di  Dewan
                                       48
                   di kawasan  tersebut.  Kepatuhan  pajak  yang
                                                                    Perwakilan Rakyat (DPR), pada umumnya berjalan
                   rendah dan pemerintahan yang korup menambah
                                                                    dengan  fair pasca Orde Baru.  Presiden dipilih
                   panjang beban situasi pajak di kawasan tersebut.
                                                                    secara langsung  dan tidak  lagi  ditetapkan  oleh
                   Oleh  karena  itu,  tidak  mengherankan  banyak
                                                                    Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Tinjauan
                   LSM  internasional  berupaya  untuk  menyerukan
                                                                    platform kebijakan yang diusung organisasi politik
                   perbaikan  kondisi pajak  di kawasan  tersebut,
                   seperti: Tax Justice Network, Task Force on Financial   menjadi penting, karena dapat merepresentasikan
                   Integrity and Economic Development, Action Aid,   arah kebijakan  yang  diusung baik  oleh legislatif
                                                                    (DPR), maupun eksekutif (Presiden).
                   Publish What You Pay (PWYP), dan sebagainya.
                                                                       Dari  penelusuran  media  yang  dilakukan  Tim
                      Selain  itu,  adanya  penerimaan  dari  donor
                                                                    Redaksi  Inside  Tax,  hampir  semua  organisasi
                   (aid) telah  mendorong semakin banyak  lembaga
                                                                    politik  tidak  memiliki  platform  kebijakan
                   multilateral  yang  ‘masuk’  untuk  membenahi
                                                                    perpajakan yang resmi dan jelas. Dengan demikian,
                   sektor pajak di Afrika. Sebagian besar dari mereka
                                                                    tidak mengherankan jika hanya segelintir  politisi
                   memiliki motif untuk mengurangi ketergantungan
                                                                    yang memahami visi  misi  mengenai perpajakan
                   dari  donor  dan  kesinambungan  fiskal.  Namun,
                                                                    yang  akan dibawa oleh organisasi politik  yang
                   sebagian  lagi  justru  tidak.  Donor  dan  lembaga
                                                                    memayunginya.    Ini  tentu  memprihatinkan.
                   multilateral  yang  ditunggangi  oleh kepentingan
                                                                    Pada  banyak  kesempatan,  organisasi politik
                   bisnis  pun bisa turut mengintervensi  kebijakan
                                                                    mengkampanyekan  tentang  program kerja yang
                   pajak  di  suatu  negara.  Seperti  pelobian  yang
                                                                    cenderung pro-rakyat dan populis. Namun, mereka
                   dilakukan oleh perwakilan  Pemerintah  Kanada
                                                                    luput menyatakan tentang cara mendanai program
                   terhadap kebijakan  pajak  di Tanzania,  sebagai
                                                                    unggulannya.  Hingga saat  ini, publik  juga belum
                   lokasi induk  perusahaan tambang  besar, yaitu
                                                                    disodori  isu pajak  oleh orang-orang yang bakal
                   Barrick  Gold.  Salah  satunya  pada  bulan  Juni
                                                                    menjadi calon presiden. Diskusi mengenai belanja
                   2008,  staf dari  the  Canadian High Comission
                                                                    anggaran seharusnya diimbangi pula oleh strategi
                   di Tanzania  berusaha memengaruhi beberapa
                   48 Paparan lengkap mengenai persoalan pajak di Afrika dapat dilihat   49 Open Society Institute of Southern Africa, Breaking the Curse: How
                   pada  laporan:  Tax  Justice Network –  Africa,  Tax  Us  if  You  Can:  Why   Transparent Taxation and Fair Taxes can Turn Africa’s Mineral Wealth
                   Africa  Should  Stand  Up  for Tax  Justice  (Nairobi: Pambazuka Press,   into Development (Johannesburg: Open Society  Institute  of Southern
                   2011)                                            Africa, 2009), 57.
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13