Page 4 - Working Paper (Tax Expenditure atas Pajak Penghasilan: Rekomendasi bagi Indonesia)
P. 4

DDTC Working Paper 0814
                                                                                                            4



                                           Gambar 1 - Tax Expenditure dan Benchmark Tax Structure

                                  Benchmark Tax
                                    Structure


                                 DEVIASI
                                                             Rate Relief
                                                             Exemption
                                 Ketentuan Khusus            Allowances              TAx ExPENDITuRE
                                                             Tax Deferral
                                                             Credits

                   diperkenalkannya  tax expenditure dimaksudkan    expenditure; (v) harus ada  ketentuan  lain  dalam
                   agar Kongres  dapat  memiliki  expenditure control   sistem pajak  yang  dapat  mengimbangi  dampak
                   (kontrol belanja) yang lebih baik lewat perhitungan   yang diperoleh dari tax expenditure. 10
                   belanja  pemerintah  yang  lebih  komplet  apapun   Lalu apakah yang dimaksud dengan benchmark
                   bentuk  atau  formal  dari  belanja.  Lebih  lanjut
                                                                    tax system? Konsep benchmark tax diperkenalkan
                   lagi,  tax expenditure dipercaya telah menodai
                                                                    pertama-tama,   karena   adanya   perbedaan
                   konsensus mengenai kesetaraan (equity), efisiensi,
                   serta simplicity (kesederhanaan). 7              pandangan mengenai apa  yang disebut sebagai
                                                                    basis pajak  normatif (normative tax base).
                      Tax expenditure  didefinisikan  sebagai  transfer   Normative tax base adalah konsep mengenai jenis
                   atas  sumber daya  publik  yang dicapai  dengan   kekayaan apakah yang harus  dipajaki, apakah
                   mengurangi kewajiban  pajak  yang mengacu        atas  penghasilan,  nilai  tambah,  laba,  penjualan,
                   pada  benchmark  tax,  dan  bukan  dengan  belanja   dan sebagainya. Akibat  perbedaan cara pandang
                                            8
                   pemerintah secara langsung.  Konsep dan definisi   yang bervariasi  mengenai konsep  fundamental
                   tersebut bervariasi antarnegara, terutama karena   tersebut, kategorisasi tax expenditure berdasarkan
                   konsep  benchmark tax  didefinisikan  secara     normative tax base tidak  terlalu  berhasil
                   berbeda oleh masing-masing negara. 9             diaplikasikan. Atas berbagai pertimbangan, maka
                                                                    dibuatlah acuan yang lebih netral yaitu benchmark
                      Oleh OECD, tax expenditure paling tidak harus   tax yang tidak mempertimbangkan normative tax
                   memiliki  syarat-syarat  sebagai  berikut:  (i)  akan
                                                                    base, namun lebih kepada apa yang telah menjadi
                   berkontribusi dan  memberi manfaat  atas  sektor   ketentuan  umum di setiap negara.   Benchmark
                                                                                                    11
                   industri, aktivitas, atau kelompok pendapatan wajib
                                                                    tax system pada umumnya mengacu pada struktur
                   pajak tertentu; (ii) harus mendukung suatu maksud
                                                                    tarif pajak,  standar perhitungan, pengurangan
                   yang  jelas dan tujuan  yang  dapat  dicapai lewat
                                                                    atas  pembayaran  yang  sifatnya  wajib,  ketentuan
                   instrumen kebijakan publik lainnya; (iii) harus ada
                                                                    untuk  memfasilitasi administrasi pajak,  serta
                   patokan umum yang memadai sebagai  pembeda
                                                                    kewajiban untuk patuh terhadap konsensus fiskal
                   (benchmark tax) dari ketentuan khusus tersebut;
                                                                    internasional. 12
                   (iv) perubahan  ketentuan  pajak  dimungkinkan
                   jika  sewaktu-waktu  ingin  menghilangkan  tax      Hingga kini, paling  tidak  terdapat  4 tujuan
                                                                    mengapa  tax expenditure kerap diaplikasikan di
                                                                    banyak  negara. Pertama,  adanya  skala  ekonomis
                   necessary to implement the income tax on individual and corporate net   dan  penghematan  biaya.  Suatu  program  belanja
                   income; the second part comprises a system of tax expenditures under
                   which Governmental financial  assistance programs are carried out   pemerintah  secara langsung  pada dasarnya
                   through special tax provisions rather than through direct Government   akan  membutuhkan  administrasi mulai  dari
                   expenditures. This second system is grafted on to the structure of the
                   income tax proper; it has no basic relation to that structure and is not   perencanaan,  implementasi,  pengawasan,  dan
                   necessary to its operation.  Instead,  the  system of tax  expenditures   evaluasi.  Dengan  adanya  tax expenditure, pada
                   provides a vast subsidy apparatus  that uses the mechanics of the
                   income tax as the method of paying the subsidies”. Lihat Stanley S.   dasarnya pemerintah tidak direpotkan oleh segala
                   Surrey,  Pathways to Tax Reform, (Massachusetts: Harvard University   macam  hal  tersebut, namun  menyerahkan  pada
                   Press, 1973), 6.                                 suatu  sistem administrasi pajak.  Kedua, berbeda
                   7 Stanley S. Surrey  dan Paul R. McDaniel,  Tax Expenditure,
                   (Massachusetts: Harvard University Press,  1985), 32  –  37,  seperti   dengan  belanja  pemerintah secara langsung,
                   dikutip oleh  Edward D.  Kleinbard, “Rethinking Tax  Expenditures”,   misalkan  pemberian dana  atau  cash transfer,  tax
                   presentasi untuk Chicago-Kent College of Law Federal Tax Institute, 1   expenditure tidak  membutuhkan pengajuan  oleh
                   Mei 2008.
                   8 Dirk-Jan Kraan, “Off-budget and Tax Expenditures”, OECD Journal on
                   Budgeting, Vol. 4, No. 1 (2004): 130.
                                                                    10 OECD,  Tax Expenditures: Recent Experiences, (Paris: OECD
                   9 Karena sulitnya mencari  titik  temu yang sama mengenai definisi   Publishing, 1996)
                   universal, maka mungkin saja hal itu tidak perlu diperdebatkan. Lihat
                   Michael  J.  McIntyre, “A  Solution to  the  Problem of  Defining a  Tax   11 Dirk-Jan Kraan, Op.Cit., 131.
                   Expenditure”, U.C. Davis Law Review (Vol. 14, No. 1: 1980): 102 - 103.  12 OECD, Tax Expenditure in OECD Countries, Loc.Cit.
   1   2   3   4   5   6   7   8   9