Page 36 - InsideTax Edisi Khusus 40th (Outlook & Tantangan Sektor Pajak 2019 - Berebut Suara Wajib Pajak)
P. 36

Hak Wajib Pajak


            hak   mengajukan   perpanjangan
            penyampaian SPT, hak mengajukan                    Kepastian Hukum dalam
            pengurangan PPh  Pasal  25,  hak                Penyelesaian Sengketa Pajak
                                                                                             1
            mengajukan pengurangan Pajak
            Bumi  dan Bangunan (PBB), hak       Sengketa  pajak,  walau  merupakan  sesuatu  yang  tidak  terhindarkan  dalam
            mendapatkan        pengembalian     sistem pajak, memberikan dampak negatif kepada kepatuhan melalui dua hal.
                                                Pertama, maraknya sengketa memberikan ketidakpastian dan tergerusnya
            pendahuluan kelebihan pembayaran    kepercayaan  terhadap  sistem  pajak.  Kedua, sengketa menimbulkan biaya
            pajak,  hak  untuk mendapatkan      kepatuhan yang tinggi sebagai akumulasi dari waktu, tenaga, dan biaya yang
            pajak bisa ditanggung pemerintah,   dikeluarkan.
            dan terakhir hak untuk mendapatkan
            insentif perpajakan.                Momentum  reformasi  pajak  harus  dipergunakan  sebagai  sarana  untuk
                                                meredesain kembali sistem pajak agar di satu sisi menjamin kesinambungan
            Namun demikian,  level kepastian    penerimaan dan di sisi lain meminimalkan sengketa. Sederhananya, mencabut
            hukum  perpajakan di Indonesia      bulu angsa tanpa membuatnya berteriak.Terdapat beberapa hal yang bisa jadi
            masih dinilai rendah. Salah satu    pertimbangan dalam rangka mencapai hal tersebut, mulai dari meningkatkan
            indikatornya  adalah  banyaknya     partisipasi  publik  dalam  perancangan  hukum  pajak,  menggunakan  indikator
            kasus sengketa pajak.  Sengketa     pengukuran kinerja otoritas pajak yang tidak semata-mata berorientasi pada
                                                penerimaan,  hingga  penguatan  kapasitas  lembaga  Pengadilan  Pajak  dan
            antara Freeport dan Pemprov Papua   Komite Pengawas Perpajakan.
            hanyalah  satu  dari sekian ribu
            kasus sengketa pajak yang masuk     Khusus mengenai isu sengketa pajak, ada baiknya untuk mempertimbangkan
            ke Pengadilan Pajak tiap tahun.     suatu prosedur hukum dalam penyelesaian sengketa  yang berada di luar
            Demikian banyaknya sengketa pajak   ranah pengadilan  yang dikenal dengan nama  alternative dispute resolution/
            itu hingga Pengadilan Pajak bisa    ADR  (Thuronyi,  2013).  Cara-cara  seperti  mediasi,  konsultasi,  dan  sebagainya,
            dibilang kewalahan.                 diharapkan  dapat  menciptakan  proses  penyelesaian  sengketa  yang  lebih
                                                efisien  serta  efektif,  maupun  dapat  mengurangi  jumlah  berkas  banding  dan
            Berdasarkan statistik Sekretariat   gugatan di pengadilan pajak. Statistik berikut mungkin dapat menjadi indikasi.
            Pengadilan Pajak,  sejak 2012
            setidaknya  sampai 5.000-7.000        1 Darussalam, “Arah Reformasi Pajak: Meningkatkan Penerimaan, Mengurangi Sengketa,”dalam Menuju Ketangguhan Ekonomi:
                                                  Sumbang Saran 100 Ekonom Indonesia, INDEF (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2017)
            berkas banding pajak didaftarkan.
            (Lihat ilustrasi, Jumlah Berkas dan
            Putusan di Pengadilan Pajak 2004-
            2017 dan Jenis Putusan Pengadilan
            Pajak  dalam  Lima  Tahun  Terakhir
            2012-2017)

            Akibatnya pada  kurun 2012-
            2017, tercatat  sampai sekitar
            55.000 kasus sengketa pajak
            yang  harus diselesaikan sehingga
            produktivitasnya  pun  menurun.       Sumber: data sebelum 2015 diambil dari InsideTax Edisi 36, hal.157-161. Data 2015 hingga 2017 diolah dari data yang
            (Lihat ilustrasi, Jumlah Produktivitas    tersedia pada website Sekretariat Pengadilan Pajak. Tersedia pada: http://www.setpp.kemenkeu.go.id/statistik
            Putusan di Pengadilan Pajak 2002-         (diakses tanggal 6 November 2018).
            2017)
            Jelas  tidak mungkin puluhan  ribu
            kasus itu bisa divonis dalam waktu
            singkat. Karena itu lazimnya makan
            waktu  sampai 2-3 tahun, atau
            bahkan  lebih,  untuk penyelesaian
            kasus sengketa pajak. Selain tidak
            efisien,  banyaknya sengketa pajak
            ini juga berdampak negatif terhadap
            penerimaan. Ini karena pihak-pihak
            yang berperkara tidak akan mau
            membayar pajak  sebelum vonis
            turun.
            Karena  itu asas  kepastian  hukum
            pajak   jadi  penting.  Tingginya
            level kepastian hukum pajak akan
            otomatis   mengurangi    jumlah
            sengketa pajak. Selain itu kepastian
            hukum pajak juga akan berdampak       Sumber: diolah dari data yang tersedia pada website Sekretariat Pengadilan Pajak. Tersedia pada: http://www.setpp.kemenkeu.
            positif pada investasi.                   go.id/statistik (diakses tanggal 6 November 2018)








       36     INSIDETAX
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41