Page 38 - InsideTax Edisi Khusus 40th (Outlook & Tantangan Sektor Pajak 2019 - Berebut Suara Wajib Pajak)
P. 38

Hak Wajib Pajak













































            KETUA KOMITE PENGAWAS PERPAJAKAN GUNADI:
            ‘Pemeriksa Enggak Boleh Menafsir’




                 ERLINDUNGAN hak-hak wajib pajak menjadi      pengaduan, puncaknya pada 2016, sebanyak 114.
                 salah satu aspek yang krusial dalam kehidupan   Angka itu kemudian menurun pada 2017 dan 2018,
           Pbernegara, termasuk Indonesia. Kepastian hukum    masing-masing 77 dan 52 pengaduan. Sepanjang
            terkait hak tersebut tidak bisa dipisahkan dalam upaya   2014-2018, jumlah pengaduan mencapai 422. Dalam
            penciptaan keadilan dalam sistem perpajakan.      rentang periode itu, jumlah pengaduan terbanyak ada
                                                              di fungsi pemeriksaan 108 (26%) dan keberatan/
            Lantas, bagaimana kondisi yang terjadi di Indonesia?   banding 107 (25%).
            Faktanya, kasus sengketa pajak yang masuk ke
            Pengadilan Pajak tiap tahunnya mengalami kenaikan.   Namun, jika melihat tren dari tahun ke tahun,
            Apakah ini menjadi indikator rendahnya kepastian   pengaduan dari fungsi pemeriksaan terus naik. Ini
            hukum perpajakan di Tanah Air?                    mungkin AR [account representative]-nya macam-
                                                              macam. Ya secara keseluruhan, pengaduan makin
            Untuk mencari tahu kondisi yang terjadi, InsideTax   berkurang sehingga tingkat kepuasan masyarakat
            berkesempatan mewawancarai Ketua Komite           terhadap pelaksanaan administrasi perpajakan
            Pengawas Perpajakan Gunadi. Komite ini menjadi    mungkin meningkat.
            pihak yang selama ini menjembatani wajib pajak
            dengan otoritas terkait. Berikut kutipannya:      Mengapa ada pergeseran dari pemeriksaan ke
                                                              pelayanan?
            Bagaimana tren pengaduan yang diterima Komite
            Pengawas Perpajakan sejauh ini?                   Kadang-kadang turunnya pengaduan itu karena malas,
                                                              jenuh. Kalau kita perhatikan, kadang-kadang dalam
            Kita mempunyai fungsi pengawas perpajakan, analisis   pemeriksaan kan itu-itu aja yang diperiksa. Kemarin
            dan studi, pengaduan, dan mediasi. Kalau melihat tren   diperiksa, sekarang diperiksa lagi dengan kasus









       38     INSIDETAX
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43