Page 52 - InsideTax Edisi Khusus 40th (Outlook & Tantangan Sektor Pajak 2019 - Berebut Suara Wajib Pajak)
P. 52

Mengendalikan Eksternalitas


            sumber penerimaan negara.        di Kemenkeu, dalam posisi        pemerintah memandang bahwa
            Pengenaan cukai bertujuan untuk   sangat memahami situasi yang    kebijakan pengenaan cukai rokok
            mengendalikan dampak negatif dan  berkembang. Bagaimanapun,       saat ini masih dianggap efektif
            hasilnya (sebenarnya) digunakan   terlalu banyak sampah yang      dalam rangka mengatur industri
            sebagai penanganan dampak        beredar karena konsumsinya tidak   rokok dan hasil tembakau.
            negatif yang dihasilkan tadi.    terkontrol.                      Selain itu, pemerintah juga
                                                                              mempertimbangkan berbagai
            Mengapa sangat sulit membuat     Komoditas plastik sendiri        masukan dari para pemangku
            BKC baru di Indonesia?           sebenarnya sudah masuk dalam     kepentingan (petani tembakau/
                                             APBN 2018 dengan target sebesar
            Secara prinsip, satu kebijakan itu   Rp500 miliar. Namun, progres   pekerja).
            masih harus dilihat dari semua   BKC atas kemasan plastik saat ini   Sejalan dengan keputusan itu,
            aspek atau sektor. Kita tidak boleh   masih dalam proses pembahasan   pemerintah akan meningkatkan
            hanya menjalankan policy dari    di panitia antar kementerian     law enforcement yang saat ini
            pertimbangan satu sektor semata.   (PAK) untuk selanjutnya dilakukan   sudah bagus untuk memberantas
            Pertimbangan harus komprehensif.   konsultasi bersama DPR guna    peredaran rokok ilegal. Dengan
            Pemerintah perlu memperhatikan   mendapatkan persetujuan prinsip.  demikian, industri yang legal
            semua sektor sehingga pada saat                                   memiliki ruang gerak. Kebijakan
            implementasi dapat diterima baik   Apa yang sebenarnya ingin disasar   ini akan dikombinasikan
            oleh masyarakat umum maupun      pemerintah?                      dengan peningkatan pelayanan
            pelaku usaha.                                                     sehingga diharapkan tetap dapat
                                             Kita ingin mendukung industri
            Apa yang selama ini menjadi fokus   yang memproduksi kantong-     mengamankan penerimaan cukai
            pertimbangan pengenaan cukai     kantong ramah lingkungan. Itu    yang telah ditetapkan dalam APBN
            pada sebuah objek?               bentuknya bisa tarif yang lebih   2019 senilai Rp165,5 triliun.
                                             rendah dan tidak dikenakan cukai
            Dalam menentukan suatu           atau dikenai tarif Rp0. Selain   Meskipun pada akhirnya tidak
            barang sebagai BKC, pemerintah   itu, bisa juga dalam bentuk      mengalami kenaikan tahun depan,
            mendasarkan pada Undang-         pemberian pembebasan bea         bagaimana Anda menjelaskan
            Undang (UU) No.39/2007 tentang   masuk dan pajak impor untuk      ke publik kenaikan tarif yang
            perubahan atas UU No. 11/1995    mesin mesin. Sebaliknya, kepada   sebelumnya terus terjadi?
            tentang Cukai sebagai acuan atau   mereka yang masih memproduksi   Posisi Kemenkeu, termasuk
            fokus pertimbangannya. Dalam     kantong plastik yang tidak ramah   di dalamnya adalah DJBC,
            Pasal 1 UU tersebut dijelaskan   lingkungan, kita bisa kenakan tarif   adalah sebagai penyeimbang
            cukai adalah pungutan negara yang   yang lebih tinggi.            dan tidak berpihak. Kami
            dikenakan terhadap barang-barang                                  mempertimbangkan semua aspek,
            tertentu yang mempunyai sifat atau                                seperti pengendalian, tenaga kerja,
            karakteristik tertentu.                   Kita tidak              industri, serta keberlanjutan fiskal

            Adapun sifat atau karakteristik    boleh hanya                    atau penerimaan. Upaya yang
            tersebut antara lain konsumsi perlu   menjalankan                 dilakukan demi menjembatani
            dikendalikan; peredarannya perlu                                  kedua kepentingan tersebut adalah
            diawasi; pemakaiannya dapat        policy dari                    dengan melakukan exercise, yang
            menimbulkan dampak negatif         pertimbangan                   hasilnya memberikan gambaran
            bagi masyarakat atau lingkungan                                   besaran penyesuaian tarif yang
            hidup; atau pemakaiannya perlu     satu sektor                    diharapkan dapat mewakili
            pembebanan pungutan negara demi    semata.”                       berbagai kepentingan.
            keadilan dan keseimbangan.                                        Exercise tersebut dilakukan dengan
            Anda menyebut rencana                                             memperhitungkan semua faktor
            cukai plastik. Bagaimana         Terkait dengan tarif cukai hasil   yang mempunyai kaitan, seperti
            perkembangannya sejauh ini?      tembakau (CHT), mengapa          kepentingan serapan tenaga kerja
                                             akhirnya pemerintah memilih      dan keberlangsungan industri,
            Tentu kita mendengarkan          tidak menaikkannya untuk tahun   serta aktif melakukan interaksi
            dan memperhatikan aspirasi       anggaran 2019?                   dengan wakil rakyat di DPR saat
            dari masyarakat, khususnya                                        penyusunan target penerimaan
            mereka yang concern terhadap     Pemerintah memang menetapkan     cukai di APBN.
            masalah lingkungan. Kita sendiri   kebijakan cukai 2019 sama
                                             dengan tahun 2018 dikarenakan








       52     INSIDETAX
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57